DPRD: Harus Ada Pemerataan Pembangunan di Daerah

Jumat, 20 Maret 2020 - 20:03:55 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Hadir di Musrenbang Kecamatan Bathin Solapan, Ketua DPRD H. Khairul Umam, Wakil Ketua Kaderismanto dan anggota Sanusi berharap adanya pemerataan perencanaan pembangunan di kawasan kecamatan dan desa.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD H. Khairul Umam saat menyampaikan sambutannya pada acara yang diselenggarakan di Tan Hall Hotel Surya Duri tersebut, pada Rabu (19/02/2020).

H. Khairul Umam meminta kepada pemerintah daerah melalui Bappeda melakukan perencanaan pembangunan yang matang, "Masalah lain yang paling penting kita selesaikan salah satunya masalah RT RW, karena ada program dari pemerintah pusat yang mewajibkan setiap Kabupaten/Kota untuk memiliki Perda RTRW ini. Tetapi, alhamdulillah Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu bagian dari program pemerintah pusat PKSN (Pusat Kegiatan Strategis Nasional). Jika Perda tidak selesai maka program tersebut tidak bisa dilaksanakan," Ucapnya.

Ia meminta kepada eksekutif untuk mengajukan Perda tersebut untuk dibahas di PDRD dan disahkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Sementara itu Kaderismanto menyampaikan, "Kita sangat tahu betul bahwa jalan poros antar desa sangat penting bagi masyarakat, sebab merupakan urat nadi perekonomian masyarakat. Tidak hanya itu, jalan tersebut juga menjadi akses bagi anak-anak pergi sekolah. Karena itu, saya menghimbau kepada pemerintah daerah untuk memprioritaskan jalan poros dan parit beton karena sangat dibutuhkan masyarakat," Tuturnya.

Parit beton perlu dilakukan normalisasi untuk menghindari masalah banjir yang sering sekali terjadi. Menurutnya di Bathin Solapan memiliki beberapa masalah yang sama dengan Kecamatan lain, termasuk batas wilayah, lahan, dan hutan. Perlu didorong agar permasalahan ini dapat diselesaikan.

"Permasalahan batas wilayah harus segera kita selesaikan, karena hal ini akan berdampak kepada masyarakat. Masyarakat banyak yang kesulitan membangun rumah maupun tempat usaha karena wilayah tersebut termasuk dalam kawasan hutan," Tegasnya lagi

Ia juga menyorot permasalahan lain yang perlu ada penyelesaian diantaranya pembangunan rumah ibadah, pemberian bantuan kepada sekolah swasta, dan jaminan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu. Masalah-masalah tersebut harus menjadi perhatian dari pemerintah daerah.

Anggota DPRD Sanusi sepakat dengan saran dan masukan dari wakil ketua Kaderismanto, ia menambahkan bahwa anggaran yang diberikan ke Kecamatan Bathin Solapan ini kedepannya harus proporsional karena Kecamatan Bathin Solapan adalah penghasil devisa terbesar di Kabupaten Bengkalis. [Humas Setwan]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT