5 Tips Traveling Super Hemat Buat Mahasiswa

Rabu, 18 Maret 2020 - 22:02:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com -  Mahasiswa tentu butuh refreshing jika sudah menyelesaikan kewajibannya. Belajar agar cepat lulus itu baik untuk mahasiswa, tapi jangan terlalu berlebihan. Saat pikiran kusut karena rutinitas kuliah yang berat, liburan tentu dibutuhkan agar mental dan pikiran kembali jernih. Jika pikiran kusut dan tertekan, ilmu yang diserap tentu tidak akan optimal. Karena itu, pastikan buat jadwal untuk traveling dan wisata secara rutin.

Untuk mahasiswa yang belum berpenghasilan penuh, tentu traveling wisata harus dipikirkan baik – baik. Jika biaya yang dikeluarkan berlebihan, tentu hal ini bisa mempengaruhi biaya hidup saat masih kuliah. Nah, untuk solusinya, mari bahas 5 tips traveling super hemat yang cocok bagi mahasiswa berikut ini:

Pergi Bersama Beberapa Teman

Jika ingin lebih murah, Anda bisa ajak 3 sampai 4 teman untuk pergi bersama. Liburan bersama ini membuat Anda dan teman – teman bisa patungan. Daripada beban wisata ditanggung sendiri, jika beban biaya dibagi bersama tentu bisa jadi lebih ringan.

Bayangkan saja saat pesan kamar tidur di tempat wisata. Anda bisa pesan airBNB yang cukup besar dengan dua kamar yang masing – masing bisa diisi dua orang. Hal ini tentu lebih murah daripada pesan kamar hotel untuk satu orang sendirian. Jika biaya airBNB dibagi empat, biayanya tentu lebih murah.

Gunakan Teknik Traveling Ala Backpacker

Jika ingin lebih irit, Anda dan teman – teman bisa gunakan teknik traveling ala backpacker. Traveling dengan cara ini hanya membutuhkan budget sedikit. Teknik ini tentu sudah banyak dikenal. Banyak orang jalan – jalan dengan bawaan sedikit dan menikmati rasa berpetualang dengan sedikit resource ini. Sebagai anak mudah yang masih segar bugar, pilihan ini tentu bisa jadi pengalaman yang lebih unik daripada ikut paket perjalanan wisata.

Traveling cara ini tentu ada trick – trick tersendiri agar tetap aman dan menyenangkan. Contoh saja, saat tidak sempat pesan tempat menginap, Anda bisa cari majid di tempat ramai dekat tempat wisata untuk menginap semalam. Untuk hindari jajan, Anda bisa bawa cup mie ataupun protein bar daripada beli cemilan di tempat wisata yang mahal. Melakukan hal – hal di atas tentu bisa mengurangi banyak sekali pengeluaran selama di tempat wisata.

Tentukan Rute Wisata yang Saling Berdekatan Dekat

Jika merencanakan traveling super hemat, Anda tentu harus perhatikan jarak antar tempat wisata yang dikunjungi. Tempat wisata yang saling berjauhan tentu perlu pengeluaran lebih dalam hal transportasi. Tapi jika jaraknya dekat, Anda bisa lebih bebas soal waktu dan cara menuju ke tempat tersebut.

Beberapa tempat wisata memang ada yang berdekatan dan bahkan bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki. Hal ini tentu sangat irit untuk para mahasiswa. Pengalaman jalan – jalan bersama teman – teman kuliah untuk menuju tempat wisata juga bisa jadi memori yang spesial.

Pilih Tempat Wisata yang Murah Meriah

Jika tidak ingin keluar uang banyak, coba cari tempat wisata yang murah meriah. Tempat wisata yang tidak perlu tiket masuk dan tidak dibatasi waktu kunjungannya adalah yang paling baik. Contoh saja tempat wisata air terjun di dekat Gunung Merapi. Untuk ke tempat ini, Anda hanya per tahun rutenya saja. Saat sudah sampai air terjun, Anda bisa bebas foto – foto dan berenang tanpa harus bayar siapapun.

Beli Tiket Pesawat yang Murah

Mahasiswa biasanya hanya punya waktu sempit untuk liburan. Jadi penggunaan pesawat sebagai kendaraan ke lokasi wisata adalah hal yang paling baik. Selain cepat datang ke lokasi, Anda juga bisa pulang dengan lebih cepat.

Sayangnya tiket pesawat ini bisa mahal harganya. Sebagai solusi, cari info dulu untuk harga tiket murah sebelum memutuskan berangkat. Untuk memastikan dapat tiket yang pas harganya, silakan coba cek tiket pesawat murah online di sini. Jika Anda pesan di Traveloka, terkadang Anda bisa dapat bonus dari promo berupa potongan harga dan juga diskon.

Sekian tips traveling super hemat bagi Anda para mahasiswa. Semoga bahasan ini berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca dan selamat berlibur! [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT