Polres Bulungan Bersama Forkopimda Tanam Vetiver

Sabtu, 29 Februari 2020 - 16:30:17 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Polres Bulungan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bulungan melaksanakan penanaman pohon akar wangi atau Vetiver di tebing area Kilometer 4.Tanjung Selor Kalimantan Utara.

Hal ini di ungkapkan Kapolres Bulungan AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Waka Polres Bulungan Kompol Roberto Asfrianza kepada metroterkini.com beberapa hari yang lalu. 

“Kita mendapat perintah dari Mabes Polri untuk menanam pohon akar wangi. Karena terbatas pohon tersebut, makanya baru hari ini kita tanam,”
Hal ini sesuai dengan perintah Asisten SDM Polri dengan TR Nomor: 594/II/2020 pada tanggal 19 Februari 2020 untuk seluruh Polda dan jajaran diperintahkan menanam pohon akar wangi atau vetiver," ungkapnya

Dilanjutakan Waka Polres Kompol Roberto Asfrianza, akar wangi ini di tanam guna mencegah longsor. Untuk pemilihan lokasinya, memang khusus daerah yang bertebing seperti bekas tambang atau galian. Pemilihan tanaman ini karena bisa menjadi penahan tanah agar tidak abrasi .

“Karena tanaman ini menyukai daerah yang berlereng,” jelasnya.

Roberto menambahkan, untuk area yang ditanami seluas 1/4 hektare dengan jarak tanam sekitar 2 meter persegi. Dibuat berjarak karena tanaman tumbuhnya cepat dan berumpun.

“Tanaman ini juga memiliki khasiat karena bisa menjadi wangi-wangian," kata Waka Polres. [al]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT