PT TPP Bersama UTD PMI Pekanbaru Donor Darah

Sabtu, 29 Februari 2020 - 16:14:36 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - PT Tunggal Perkasa Plantation (TPP) bersama UTD PMI Pekanbaru menggelar donor darah. Kegiatan donor darah dilaksanakan di lapangan bola kaki PT TPP, Sabtu 29 Februari 2020.

Humas PT TPP Hadi Sukoco menjelaskan, bahwa donor darah dan juga cek kesehatan, seperti cek tensi darah, kadar gula dan kolesterol dilakukan oleh tenaga medis dari RS Eka Hospital Pekanbaru.

"Kegiatan ini dilakukan setahun sekali. Dari hasil donor terkumpul 100 kantong darah dan akan di sumbangkan ke PMI Kota Pekanbaru. Peserta donor berasal dari karyawan PT TPP dan masyarakat sekitar sini," jelas Hadi Sukoco.

Sementara itu, salah satu tenaga medis RS Eka Hospital, Dr Ade Ferdian menambahkan, donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya, yang di transfusikan krpada orang lain.

"Tapi sayang, masih banyak orang yang takut untuk mendonorkan darahnya, dengan beragam alasan yang disampaikan. Mulai takut jarum suntik sampai ada yang takut darahnya habis," ujarnya, sambil tersenyum lebar.

Sedangkan manfaat dari donor darah itu, bagi pendonor banyak manfaatnya. Bahkan, setelah mendonor tubuh akan lebih fit. Karena produksi darah diperbaharui.

Selain itu, kata Ade, tekanan darah bisa jadi lebih stabil dan bahkan keuntungan juga bisa didapat, bagi mereka yang kelebihan sel darah merah.

"Dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan. Dimana, sel darah merah merupakan salah satu komponen terpenting didalam tubuh manusia," terang Ade.

Dokter Ade menambahkan, keputusan untuk menyumbang darah lewat donor darah, dapat menyelamatkan satu kehidupan dan atau beberapa nyawa sekaligus.

"Tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah saja, melainkan dapat bermanfaat bagi si pendonor tersebut," kata dia, mengakhiri. [wa]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT