Pulau Sebaru, Tempat Karantika Suspect Virus Corona 

Rabu, 26 Februari 2020 - 15:14:37 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kemenkes melalui Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Budi Sylvana, mengatakan, pihaknya saat ini sudah mendirikan mini hospital di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta. Fasilitas itu untuk menunjang proses observasi 188 WNI anak buah Kapal (ABK) World Dream. Menurutnya, rumah sakit mini itu juga dilengkapi dengan ruang ICU dan IGD.

"Kita siapkan RS di sana, mini hospital. Standar IGD kita buka di sana. Kita juga siapkan ICU di sana, pelayanan kesehatan dari ahli," ujar Budi di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (26/2/2020).

Meski predikatnya sebagai rumah sakit mini, Budi menegaskan kalau rumah sakit itu memiliki standar yang dianjurkan oleh WHO untuk menangani pasien suspect virus corona. "Standar WHO tetap jadi pegangan," kata dia.

Budi mengatakan, dalam melakukan observasi di Pulau Sebaru ini, Kemenkes menurunkan 39 dokter spesialis. Jumlah tersebut lebih banyak ketika melakukan observasi WNI dari Wuhan di Natuna, Kepulauan Riau yang berjumlah 25 orang.

"Secara umum perlakuannya masih observasi, secara umum sama dengan yang di Natuna. Cuma kali ini Kemenkes menurunkan tim multidisiplin spesisialis, dokter multidisiplin, ada dari penyakit dalam, spesialis anastesi, spesialis paru, spesialis jiwa, spesialis psikologi," ucap dia.

Budi menjelaskan, alasan Kemenkes menerjunkan jumlah dokter spesialis yang berbeda semata-mata untuk kewaspadaan. Dia mengatakan, hal terkecil dari kesehatan 188 WNI ABK World Dream ini akan diperiksa secara menyeluruh.

"Dinamikanya kan berkembang terus dan kita tidak ingin ada kecolongan. Sehingga kita terus meningkatkan kewaspadaan, standarnya terus dinaikkan. Karena dinamika di dunia sudah tidak sama dengan kemarin, sehingga layanan observasinya akan lebih komprehensif," kata dia.

Selain itu, pemerintah juga telah menunjuk tiga rumah sakit sebagai rujukan utama apabila ada di antara 188 WNI ABK World Dream suspect virus corona. Tiga rumah sakit itu yakni RSPI Dr. Sulianti Sarono, RS Umum Pusat Persahabatan dan RSPAD Gatot Soebroto.[dt-met]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT