TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi

TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi

Metroterkini.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar kegiatan Penanaman Mangrove dan Penebaran Benih Ikan Serentak di seluruh Polda se-Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan dipusatkan di Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat, (21/2/2020) dan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Kegiatan ini mengangkat tema "Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir".

Selain melibatkan personel Polri sebagai peserta, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh sejumlah komunitas masyarakat, ormas, pelajar, hingga mahasiswa.

Sejumlah pejabat negara juga hadir dalam kegiatan ini, seperti Menteri Dalam Negeri, Menteri Kelautan dan Perikanan, Panglima TNI, Kepala BNPB, Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Staf Ahli III Kementerian PUPR, dan Dirjen PPKL Kementerian LHK.

Inisiator kegiatan, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai langkah Polri mendukung pemguatan ekonomi kerakyatan demi terjaganya stabilitas keamanan dalam negeri guna mewujudkan pembangunan SDM unggul untuk Indonesia Maju.

Menurutnya, hal itu juga sejalan dengan program prioritas Kapolri untuk mewujudkan SDM unggul dan penguatan sinergi polisional.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena turut menjaga keasrian lingkungan yang merupakan salah satu sumber kekayaan yang diberikan oleh alam," kata Komjen Pol Agus Andrianto.

“Kan di akar-akar mangrove akan hidup beberapa jenis ikan, kepiting, dan udang. Yang penting konsisten untuk merawatnya,” sambungnya.

Selain itu, tambahnya, lokasi yang berada di wilayah hukum Polresta Tangerang tersebut merupakan salah satu lokasi yang masih butuh perhatian guna mengantisipasi adanya banjir rob dan abrasi.

Pohon mangrove ditanam, juga diharapkan bisa mengedukasi masyarakat sekitar untuk cinta lingkungan. "Kalau masyarakat sejahtera, maka kamtibmas akan kondusif, dan kriminal menurun," pungkasnya. [sjah]

 

Berita Lainnya

Index