Resep Dadar Gulung, Kue Tradisional Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 - 10:07:48 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Dadar gulung merupakan makanan tradisional asli Indonesia. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa muda dan digulung dengan kulit dadaran. Rasanya manis dan lembut, sangat cocok untuk camilan dipagi hari. Dadar gulung dapat ditemui di toko-toko kue basah dan pasar tradisional.

Dadar gulung juga dapat digunakan untuk sajian acara seperti kondangan, arisan, atau kumpul keluarga. Penasaran untuk membuat dadar gulung yang manis yang sederhana? Berikut bahan dan cara membuatnya dilansir fimela.

Bahan Kulitan:

1/2 kg tepung terigu
3 butir telur
Sejumput garam
Air secukupnya
Vanili
BACA JUGA

Resep Kue Nona Manis
Resep Kue Semar Mendem
Resep Kue Lobak Goreng khas Imlek
Bahan Isian:

500 gr kelapa parut
2 keping gula merah
gula pasir secukupnya
Cara Membuat:

Untuk membuat kulitan, masukkan semua bahan kulitan, mixer hingga halus. Kemudian aduk menggunakan sendok sayur, usahakan adonan jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. Beri pewarna makanan sesuai dengan selera, supaya tidak terlihat pucat.

Panaskan teflon yang sudah di olesi dengan margarin. Panaskan menggunakan api sedang supaya tidak mudah gosong.
Tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam teflon, ratakan ke seluruh bagian teflon. Jika pinggiran sudah mulai kering, angkat. Lakukan cara ini ke semua adonan kulit.

Untuk membuat isian, rebus gula jawa dengan air secukupnya. Tunggu hingga agak menajdi kental, kemudian masukkan kelapa parut, garam dan gula putih secukupnya. Aduk-aduk hingga gula meresap sempurna.

Ambil satu lembar dadaran, kemudian letakkan 1 sdt kelapa manis dia atas dadaran, gulung seperti melipat pakaian. Lakukan secara ulang pada kulitan yang masih tersisa.
Dadar gulung siap di hidangkan. [**]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT