Jadi Favorit, Begini Cara Merawat Jilbab Voal

Kamis, 13 Februari 2020 - 14:22:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Buat kamu para hijaber, pasti tahu jilbab voal. Atau mungkin, ini jadi salah satu jilbab favorit sekaligus andalan kamu? Ya, jilbab voal memang jadi primadona belakangan ini.

Selain nyaman dikenakan, jilbab bahan voal juga lebih mudah dibentuk daripada jilbab bahan lainnya. Ini karena karakteristik jilbab voal yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, sehingga sangat ringan saat dikenakan.

Kalau kamu suka belanja di online shop, ada banyak istilah atau penyebutan jilbab voal. Ada OL shop yang menyebutnya jilbab voal saja, jilbab katun voal, jilbab voal denim, jilbab voal flex, dan masih banyak lagi. Tak usah bingung, intinya sama saja, kok, sama-sama nyaman dikenakan dan mudah dibentuk.

Nah, karena jilbab voal dikenakan hampir setiap hari, tentu perlu perhatian khusus dalam merawatnya supaya awet dan tidak musah rusak. Ini dia tips merawat jilbab voal yang disarankan.

1. Cuci menggunakan tangan

Karena bahannya yang cenderung tipis dan lembut, jilbab voal sebaiknya dicuci menggunakan tangan. Pisahkan jilbab bahan voal kamu dari pakaian lainnya, terutama pakaian yang tebal dan berat. Rendam jilbab voal di dalam air yang dicampur deterjen selama 15 menit, kemudian kucek sedikit untuk membersihkan noda dan bakteri yang menempel. 

Setelah itu, bilas jilbab sampai bersih. Kamu bisa menambahkan pelembut pakaian atau softener di air bilasan terakhir. Tapi jangan terlalu banyak, ya, karena dikhawatirkan bisa merusak tekstur hijab.

2. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung

Jilbab voal sebaiknya dijemur di tempat yang teduh. Kalau kamu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, jilbab voal bisa mudah rusak dan warnanya memudar.

3. Setrika dengan suhu rendah

Setelah kering, pastikan kamu menyetrikanya dengan benar. Gunakan suhu rendah karena jilbab voal punya karakteristik bahan yang agak transparan dan lembut. Suhu terlalu tinggi bisa membuat jilbab voal cepat rusak dan bolong.

4. Simpan dengan cara menggantung

Jilbab voal mudah mencetak bekas lipatan saat kamu menyimpannya dengan cara dilipat. Apalagi kalau dalam penyimpanannya jilbab ditumpuk dengan pakaian lain yang berat. Untuk menghindari bekas lipatan, simpan jilbab voal dengan cara digantung.

5. Jangan gunakan peniti saat pakai jilbab

Peniti memang jadi andalan untuk menyematkan jilbab. Tapi, peniti adalah musuh bagi jilbab voal. Peniti bisa merusak tekstur jilbab bahan voalmu dan membuatnya lebih cepat bolong. Ganti peniti dengan jarum pentul, tuspin, atau klip.

Jadi, jangan sampai salah perawatan, ya. Pastikan jilbab voal kamu awet dan tahan lama dengan perawatan yang tepat. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT