Viral, Raja Keraton Agung Sejagat Ditangkap

Viral, Raja Keraton Agung Sejagat Ditangkap

Metroterkini.com - Setelah Dilakukan Penulusuran, Polisi Akhirnya Menangkap Raja Keraton Agung Sejagat Beserta Istrinya Pada Selasa (14/1). Keduanya Diduga Akan Dikenai Pasal 14 UU RI No.1 Th 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana Terkait Penipuan.

Keberadaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah baru-baru ini telah membuat heboh dunia maya. Bahkan sejumlah pihak seperti polisi hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menyoroti permasalahan tersebut seperti dilansir laman wokeren.

Tak sampai di situ, polisi juga segera mengirimkan tim ke Kabupaten Purworejo untuk melakukan pengecekan sebagai upaya tindak lanjut. Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan pihaknya menerjunkan tim khusus yang dipimpin Direskrimum Polda Jateng Kombes Pol Budi Haryanto ke Purworejo.

Kini, polisi pun akhirnya menangkap Raja Keraton Agung Sejagat yang bernama Sinuhun Totok Santosa (42) dan istrinya Fanni Aminadia (41). Selain itu, tempat berkumpulnya kelompok tersebut juga turut digeledah oleh polisi.

Penggeledahan berlangsung tidak lama setelah Totok dan Fanni ditangkap, Selasa (14/1) sekitar 17.00 WIB. Beberapa polisi berseragam dan berpakaian biasa tampak memeriksa beberapa ruangan di Keraton Agung Sejagat hingga malam hari.

Dari hasil penggeledahan polisi berhasil menyita sejumlah dokumen yang diduga merupakan formulir rekrutmen anggota Keraton Agung Sejagat.

Sementara itu, Totok dan istrinya ditangkap karena diduga menyebarkan berita bohong. "Dugaan sementara pelaku melakukan perbuatan melanggar pasal 14 UU RI No.1 th 1946 tentang peraturan hukum pidana terkait penipuan," jelas Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana Sutisna dilansir Kompas, Selasa (14/1). "Berdasarkan pasal tersebut pelaku Sinuhun Totok dan istrinya terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara."

Kemunculan Keraton Agung Sejagat ini sendiri mulai dikenal publik setelah mereka mengadakan acara wilujengan dan kirab budaya, yang dilaksanakan dari Jumat (10/1) hingga Minggu (12/1). Keraton Agung Sejagat dipimpin oleh seseorang yang dipanggil Sinuwun yang bernama asli Totok Santosa Hadiningrat dan istrinya yang dipanggil Kanjeng Ratu yang memiliki nama Dyah Gitarja.[**]

Berita Lainnya

Index