Gerhana Bulan Penumbra Bisa Picu Banjir Rob

Jumat, 10 Januari 2020 - 19:49:24 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020. Puncak waktu gerhana ini akan berlangsung pada dini hari.

Gerhana bulan penumbra ini menjadi gerhana pembuka selama tahun 2020 dengan jumlah total enam gerhana. Rupanya, gerhana ini juga bisa mempengaruhi pasangnya air laut.

"Setiap bulan baru (termasuk gerhana matahari) dan bulan purnama (termasuk gerhana bulan diperkuat oleh Matahari karena posisinya yang hampir segaris. Akibatnya terjadi pasang maksimum atau pasang tertinggi," ucap Thomas melalui Instagram LAPAN @lapan_ri.

Thomas mengungkapkan, tingginya pasang air laut yang disebabkan gerhana bulan penumbra diperkirakan dapat menyebabkan banjir rob di bagian pesisir Indonesia.

"Rata-rata ketinggian air laut bisa mencapai 1,4 meter saat pasang-surut purnama. Sekarang masuk fase pasang-surut perbani ketinggian air hanya 40 cm karena posisi bulan tidak diperkuat dengan matahari," tutup Thomas.

Lokasi Berpotensi Banjir Rob

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menyebut, terdapat tujuh lokasi yang berpotensi terkena banjir rob yang tersebar di Jakarta Utara.

Dia menyatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah pompa air mobile dan sejumlah petugas yang berjaga di lokasi pesisir Jakarta.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menyebut, terdapat tujuh lokasi yang berpotensi terkena banjir rob yang tersebar di Jakarta Utara.

Dia menyatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah pompa air mobile dan sejumlah petugas yang berjaga di lokasi pesisir Jakarta.

"(Petugas dan pompa) Sudah di area potensi terdampak pasang laut. Tegal Alur, Muara Baru, Muara Angke, Kali baru, Cilincing, Marunda," kata Juaini saat dihubungi, Rabu (8/1/2020).

Dia juga menyebut selain pompa, karung-karung berisi pasir juga disediakan guna menjadi tanggul saat air laut pasang. Bahkan sejumlah alat berat juga disediakan.

"Petugas pompa stasioner yang berdekatan dengan lokasi rob karung pasir, armada dump truck dan escavator," katanya seperti dilansir dari liputan6. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT