Sekjen Kemendes Buka Bursa Inovasi Desa di Ponorogo

Sabtu, 21 Desember 2019 - 22:53:35 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembangunan di Desa yang kreatif dan Inovatif, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar Bursa Inovasi Desa (BID). Acara terpusat di Dalem Ageng Lingkungan Masjid Muhammad Besari, Tegalsari, Jetis, Ponorogo pada Sabtu, 21/12/ 2019 dengan mengusung sebuah tema "Dengan Inovasi Desa Wisata Religi, Kita Wujudkan Ponorogo Lebih Maju, Berbudaya dan Religious".

Hadir dalam acara tersebut, Sekjen Kemendes Pembanguna Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi bersama Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, M.Si. 

Tak ketinggalan Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlisoni bersama Istri, Sri Wahyuni yang juga menjabat Anggota DPR RI, serta diikuti jajaran OPD Kabupaten Ponorogo, Camat dan Kepala Desa di 5 Kecamatan, Sawoo, Jetis, Mlarak, Siman dan Sambit.

Supriyanto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Ponorogo dalam sambutanya melaporkan kegiatan bursa inovasi desa (BID) dalam kesempatan tersebut adalah yang ke empat kalinya digelar. "Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Poorogo diselenggarakan dalam 4 cluster. Dan hari ini adalah BID ke-4 yang pelaksanaannya sama dengan 3 x bursa sebelumnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan bahwasannya di tahun 2019 ini telah melakukan beberapa lomba inovasi. "Diantaranya lomba inovasi desa, bulan bhakti gotong royong dan juga lomba teknologi tepat guna," tukasnya.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni dalam sambutannya mengatakan tempat yang digunakan sebagai kegiatan bursa tersebut merupakan sebuah tempat bersejarah yang telah melahirkan banyak tokoh-tokoh besar. Menurutnya, BID merupakan program yang bagus ditengah gencarnya pemerintah desa dalam penggunaan dana desa. Ketika pembangunan infrastruktur telah selesai, maka dibutuhkan inovasi dalam upaya mendorong percepatan pembangunan, yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat desa. 

"Karena Program Inovasi Desa tahun 2019 adalah pelaksanaan tahun terakhir, maka di tahun 2020 saya membuat bursa inovasi tiruan versi lokal ponorogo yang muaranya untuk Pengembangan pembangunan untuk desa-desa di Ponorogo," ujarnya. 

Selain itu, ditahun 2020 Bupati Ponorogo juga berencana mengadakan Lomba Adipura Desa. "Dalam rangka memotivasi desa, membuat Lomba Adipura Desa, mengolah sampahnya menjadi hal yang bermanfaat. Dan juga lomba desa wisata serta lomba Bumdes," tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemendes, Anwar Sanusi secara resmi membuka acara Bursa Cluster IV. Selanjutnya usai acara bersama Bupati Ponorogo berkesempatan Meresmikan Bumdesa Mulyasari, Desa Tegalsari dan juga Menara Masjid Mohammad Besari, Tegalsari. [nur]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT