Tips Tampil Cantik Luar dan Dalam dengan Ayurveda

Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:04:03 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Ayurveda merupakan salah satu metode penyembuhan holistik tertua dari India yang sudah dipraktikkan sejak 5 ribu tahun silam. Kini, Ayurveda banyak diadaptasi dalam dunia kecantikan. Pasalnya, praktik Ayurveda disebut memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang kata 'cantik'.

Ayurveda mendefinisikan kecantikan dalam sebuah kalimat berbunyi, 'Roopam, gunam, vayastyag, it shubhanga karanam'. Artinya, dalam Ayurveda kecantikan berdiri di atas tiga pilar.

Pilar pertama adalah Roopam atau kecantikan dari luar diri, yang dipersonifikasikan dengan rambut indah serta kulit yang sehat dan bercahaya. 

Kedua adalah Gunam yang berarti kecantikan dari dalam diri, ditandai dengan kepribadian yang baik, menyenangkan, serta kemurnian pikiran dan hati. 

Terakhir adalah Vayastyag yang memiliki arti kecantikan abadi, menggambarkan rupa dan perilaku yang awet muda.

Dengan begitu, Ayurveda menggambarkan kecantikan sebagai sesuatu yang tak bisa diukur dari satu faktor semata, misalnya kulit yang putih tak cukup untuk menggambarkan kecantikan seorang wanita.

Untuk menjadi cantik yang sesungguhnya, Ayurveda membuat seorang wanita tak bisa hanya mengandalkan produk kosmetik dan perawatan kulit, tetapi juga perlu untuk memperhatikan gaya hidup seperti diet, pola tidur, olahraga, dan ketenangan pikiran. Kecantikan dapat dicapai apabila wanita mampu menyeimbangkan tubuh, pikiran, serta jiwa.

Untuk mendapatkan keseimbangan tubuh, Ayurveda melihat manusia sebagai campuran dari tiga dosha atau energi, yaitu vata, pitta, dan kapha yang terbentuk dari lima elemen dasar, api, air, tanah, udara, dan ruang. Untuk memulai praktik Ayurveda, Anda harus menemukan energi yang dominan dalam diri.

1. Vata (air dan ruang)

Vata memiliki karakteristik tubuh yang kecil dan tidak mudah mengalami kenaikan berat badan, rambut kering dan keriting, serta kulit kering dengan pori-pori yang kecil. Orang dengan energi ini memiliki pola makan yang tidak teratur.

Dalam keadaan seimbang, energi vata cenderung imajinatif, fleksibel, dan bersemangat. Namun ia akan menjadi lelah, gelisah, dan penuh kekhawatiran dalam keadaan yang tak seimbang.

Rekomendasi kecantikan untuk energi vata:
- Perbaiki pola tidur dan makan agar lebih teratur.
- Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan pahit atau pedas.
- Lakukan latihan pernapasan agar tetap tenang.
- Gunakan produk kecantikan yang mengandung bahan herbal yang menghangatkan dan menenangkan, seperti ketumbar dan cendana.

2. Kapha (tanah)

Orang yang memiliki energi kapha memiliki karakteristik tubuh yang besar dan mudah untuk mengalami kenaikan berat badan, rambut yang tebal, bergelombang dan berminyak, serta kulit yang berminyak dengan pori-pori besar dan muda berjerawat. Sering melewatkan jam makan juga merupakan ciri-ciri energi kapha.

Dalam keadaan seimbang, orang dengan energi kapha memiliki sifat penyayang dan emosional. Sedangkan dalam keadaan tak seimbang, ia akan lesu, kulit menjadi berminyak dan kusam, serta berat badan bertambah.

Rekomendasi kecantikan yang bisa diikuti energi kapha:
- Hindari tidur dan makan berlebihan.
- Kurangi konsumsi makanan manis, asam, atau asin.
- Rangsang kulit Anda dengan produk rempah-rempah yang pedas seperti jahe, kayu manis, dan lavender.

3. Pitta (air dan api)

Vata memiliki ukuran tubuh yang sedang, jenis rambut halus dan lurus yang biasanya berwarna merah atau pirang, dan kulit yang putih, halus, dan sensitif. Biasanya mereka memiliki masalah kulit seperti jerawat, ruam, dan gangguan pigmen. Vata memiliki nafsu makan dan pencernaan yang baik.

Dalam keadaan seimbang, vata memiliki sifat yang dinamis, bersemangat, cerdas, dan efisien. Saat tak seimbang, orang yang dominan energi vata akan cenderung terlalu kritis terhadap orang lain dan menjadi kompetitif.

Rekomendasi kecantikan untuk energi vata:
- Minum banyak air.
- Kendalikan stres emosional dengan melakukan latihan meditasi, yoga, dan olahraga di luar ruangan.
- Kurangi penggunaan bahan kimia sintetis.
- Hindari produk yang mengandung butiran scrub besar karena mudah melukai kulit. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT