Pemkab Asahan Deklarasi Damai Pilkades Serentak

Sabtu, 14 Desember 2019 - 07:27:15 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dalam menjaga kondusifitas pada masa pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar deklarasi damai di Aula Melati, kantor Bupati Asahan, Jumat (13/12/2019).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan, Syamsuddin menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menyatukan persepsi seluruh calon Kepala Desa dan menjelaskan bahwa Pilkades ini dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kemudian, Syamsuddin juga menjelaskan rangkaian kegiatan ini juga di isi dengan penandatanganan ikrar damai dari para calon Kepala Desa dan panitia, dengan tujuan terciptanya pelaksanaan Pilkades serentak yang aman, tertib dan damai.

Disamping itu, Syamsuddin juga menjelaskan jumlah calon Kepala Desa yang mengikuti pemilihan Kepala Desa serentak se Kabupaten Asahan berjumlah 176 orang, yang terdiri dari 160 pria dan 16 wanita.

Sementara itu, Kapolres Asahan yang disampaikan Kabag OPS Polres Asahan, Kompol RD Firman Darwin dalam sambutannya mengatakan Pilkades serentak tahun 2019 ini merupakan pesta demokrasi di Kabupaten Asahan yang akan menjadi tonggak sejarah, sebab dilaksanakan secara serentak di 47 Desa.

"Pemilihan Kepala Desa ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi momentum untuk melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin ditingkat Desa", ungkapnya.

Firman juga menyampaikan dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pilkades tahun 2019, seluruh personil Polri yang terlibat agar tetap menjaga netralitas dan kepada seluruh peserta agar menanamkan prinsip siap menang dan siap kalah.

"Siapapun nanti yang terpilih, mari kita dukung bersama-sama demi mewujudkan Pemerintah Desa yang kondusif, aman dan damai", tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Firman juga berpesan kepada para calon yang terpilih nantinya agar dapat menjalankan Pemerintahan Desa dengan bersih dan transparan.

"Rangkul semua warga masyarakat sebagai kesatuan yang utuh, jangan dibeda-bedakan warga yang mendukung dan tidak mendukung ketika pemilihan, mereka semua adalah warga kita. Jaga amanah yang telah diberikan, semoga amanah yang kita emban menjadi catatan amal, ibadah kita di sisi Tuhan Yang Maha Esa", harapnya.

Kemudian, Dandim 0208 Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh menyampaikan agar seluruh pihak memiliki tekat yang sama untuk menjaga kondusifitas Pilkades serentak tahun 2019 se Kabupaten Asahan.

Hal tersebut bertujuan untuk dapat menjaga keadaan aman dan nyaman, sehingga nantinya Kepala Desa yang menang dapat membangun Desanya lebih baik lagi.

Selain itu, Sri juga berpesan kepada para calon Kepala Desa agar dapat mengutamakan persaudaraan, menghindari permusuhan dan poltik uang yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bermasyarakat. 

"Bersainglah secara sportif dan jujur, sehingga nantinya jika terpilih menjadi Kepala Desa tidak ada beban dalam membangun Desanya yang menjadi tugas dan amanah yang diberikan masyarakat Desa kepada diri kita", tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sri juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran personil TNI, agar bersikap netral pada Pilkades serentak se Kabupaten Asahan tahun 2019 nanti.

Sementara itu, Bupati Asahan, Surya menyampaikan harapannya kepada para calon Kepala Desa yang terpilih maupun tidak terpilih agar dapat menerima hasil pilihan rakyat dengan tulus dan ikhlas.

"Kita semua menginginkan yang terbaik, tentunya yang terpilih nanti adalah pilihan terbaik dari rakyat. Oleh karena itu, kepada saudara, saya minta untuk menjunjung tinggi sportivitas berdemokrasi dan menghindari tindakan yang tidak baik selama proses pemilihan. Gandeng seluruh elemen masyarakat di Desa, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda hingga tokoh wanita dilibatkan semua untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019", ungkapnya.

Disamping itu, terkhusus kepada panitia di tingkat Desa, Surya meminta agar panitia dapat menciptakan iklim yang kondusif berdemokrasi di Desa.

"Ikuti regulasi yang sudah ada, laksanakan tahapan Pilkades, kemudian tetap berkoordinasi dengan panitia Kabupaten, panitia harus bersifat netral, sebab tugas panitia adalah penyelenggara bukan untuk memenangkan salah satu calon", tegasnya.

Kemudian, Surya juga menginstruksikan kepada para Camat agar terus memantau kondisi yang berkembang dilokasi pemilihan.

"Saudara harus proaktif mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Desa diwilayah masing-masing. Jika terdapat hambatan dan permasalahan segera koordinasi dengan panitia disemua tingkatan", terangnya.

Mengakhiri pidatonya, Surya berharap kepada seluruh aparat keamanan baik dari unsur Kepolisian maupun TNI, agar kiranya dapat membantu keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya Pilkades serentak tahun 2019.

"Mari kita wujudkan situasi aman, nyaman dan damai diwilayah Kabupaten Asahan", ungkapnya. (Tums)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT