Atasi Kulit Berminyak dengan Masker Bahan Alami

Selasa, 10 Desember 2019 - 22:05:26 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Kulit berminyak disebabkan oleh pori-pori yang memproduksi sebum berlebih. Sebum sendiri adalah minyak alami yang diproduksi kulit untuk melembabkan kulit dan rambut.

Tapi minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, komedo hingga peradangan. Untuk mengatasinya bisa menggunakan masker khusus untuk berminyak yang bisa menyerap minyak berlebih di kulit.

Berikut 11 masker untuk kulit berminyak dengan bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah yang dirangkum Wolipop:

1. Pisang
Pisang merupakan bahan alami yang bisa menyerap minyak berlebih. Cara membuat masker pisang adalah dengan menumbuk satu buah pisang di mangkuk hingga halus.

Kemudian tambahkan 10 tetes jus lemon dan satu sendok teh minyak zaitun, aduk hingga merata. Oleskan masker ke wajah, diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat.

2. Putih Telur
Siapkan satu putih telur dan satu sendok teh madu, kocok hingga campuran terlihat berbusa. Campurkan satu sendok makan oatmeal hingga adonan menjadi seperti pasta.

Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

3. Masker Lumpur
Lumpur, terutama lumpur bentonite, merupakan bahan alami yang ampuh untuk menyerap racun dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Tidak hanya cocok untuk kulit berminyak, masker ini juga bisa merawat kulit kusam, berjerawat dan berkomedo.

Cara membuatnya campur dua sendok makan lumpur bentonite bubuk dengan satu sendok teh teh hijau dan satu sendok teh jus lemon. Aduk hingga tercampur rata menggunakan sendok kayu.

Oleskan campuran masker ke wajah menggunakan tangan atau kuas masker. Diamkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Lanjutkan dengan skincare rutin kalian.

4. Yogurt dan Pisang
Yogurt mengandung lactic acid yang bisa menghilangkan sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori, yang tentu semakin ampuh dalam merawat kulit berminyak jika digabung dengan pisang.

Cara membuatnya haluskan setengah potong pisang menggunakan garpu kemudian campurkan 1 sendok makan yogurt dan satu sendok teh kunyit bubuk. Oleskan masker ke wajah menggunakan kuas. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas wajah menggunakan air hangat dan kain halus.

5. Oatmeal
Masker oatmeal dan bawang bombay bisa merawat kulit berminyak dan berjerawat. Oatmeal memiliki kemampuan untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh dan bawang bombay memiliki kekuatan anti peradangan.

Cara membuatnya siapkan 1/3 cangkir oatmeal tawar, 1/4 cangkir air mendidih, satu buah bawang bombay dan 1/2 sendok teh madu. Rendam oatmeal di air mendidih selama lima menit. Buat puree bawang bombay menggunakan food processor.

Campur puree dan madu ke pasta oatmeal selagi masih hangat. Aduk dan oleskan ke wajah, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

6. Kunyit
Kunyit tidak hanya bisa merawat kulit berminyak tapi juga bisa membuat kulit lebih glowing. Cara membuatnya, campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan dua sendok makan tepung agar masker bisa mengental.

Setelah tercampur, tambahkan dua sendok teh madu dan 1/4 cangkir yogurt. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Gunakan handuk atau kain halus yang basah dan hangat untuk membersihkan masker.

7. Madu
Untuk mencegah kulit berminyak menjadi berjerawat, kalian bisa menggunakan masker madu dan gula aren untuk eksfoliasi sekaligus melembabkan. Campurkan satu sendok makan gula aren dengan satu sendok makan madu.

Oleskan campuran masker ke wajah dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk merawat kulit berminyak.

8. Timun
Masker alami untuk wajah berminyak dan kusam lainnya adalah yang mengandung timun. Timun adalah astringent alami yang bisa menghilangkan sebum, kotoran dan sel kulit mati.

Cara membuatnya campurkan satu sendok makan jus lemon dengan dua sendok makan jus timun. Oleskan campuran tersebut di wajah, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Jangan lupa gunakan sunscreen di pagi hari setelah menggunakan masker ini.

9. Tomat
Tomat adalah astringent alami yang bisa melawan minyak berlebih. Cara membuat masker tomat adalah campurkan satu sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan madu, aduk hingga merata. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit berminyak. Kemampuan anti peradangannya bisa menenangkan kulit meradang dan astringen alaminya bisa menyerap minyak berlebih.

Cara membuatnya ambil dua sendok makan gel lidah buaya langsung dari daunnya. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga merata. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit, bilas menggunakan air hangat.

11. Jeruk
Masker untuk kulit berminyak lainnya bisa dibuat dengan kombinasi jeruk, yogurt dan madu. Masker ini bisa menangkal minyak berlebih sekaligus mendorong produksi kolagen serta meminimalisir garis-garis halus dan keriput.

Cara membuatnya campurkan dua sendok makan yogurt, satu sendok makan madu dan satu sendok makan jus jeruk di mangkuk. Aduk hingga merata dan oleskan masker ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT