Inilah Manfaat Ikan Layur Bagi Sistem Imun

Jumat, 06 Desember 2019 - 20:46:51 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Orang Indonesia termasuk yang suka sekali mengkonsumsi ikan karena memang Indonesia merupakan negara kepulauan yang akses baik untuk ikan laut dan ikan air tawarnya cukup mudah. Tidak seperti di Eropa atau di Amerika, kenekaragaman ikan di Indonesia sangat banyak bahkan mungkin banyak dari Anda yang belum mencicipi semuanya dan salah satunya adalah ikan layur yang kaya manfaat.

Apa Itu Ikan Layur?

Ikan laur merupakan salah satu jenis ikan laut yang memang terdapat di perairan tropis. Ikan yang memiliki nama latin Trichiurus lepturus ini memiliki ciri fisik yang khas yaitu memiliki badan yang panjang namun gepeng dengan sirip di bagian punggung serta ekor yang panjang seperti cemeti. Ikan ini memiliki warna agak keperekan kekuningan yang uniknya lagi ikan ini tidak memiliki sisik. Untuk ukuran tubuh ikan layur  bisa mencapai 2 meter dengan berat mencapai 5 kg dan bisa bertahan sampai usia 15 tahun. Saat ini ikan layur mulai dilirik sebagai salah satu komoditi untuk ekspor karena ternyata manfaat ikan layur banyak sekali bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Layur

Tanpa dimintapun masyarakat Indonesia merupakan golongan masyarakat yang memang suka sekali mengkonsumsi ikan tanpa tahu bahwa ada banyak sekali manfaat gemar makan ikan bagi kesehatan tubuh manusia dan salah satunya adalah manfaat ikan layur.

Meningkatkan Hemoglobin (HB)
Kekurangan haemoglobin dapat berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi. Ikan layur dapat membantu meningkatkan haemoglobin atau HB.

Dapat Mencegah Penyakti Lupus
Penyakit lupus merupakan salah satu kondisi yang disebabkan karena penyakit auto imun. Mengkonsumsi ikan layur dipercaya dapat membantu memperbaiki auto imun.

Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh Baik Bagi Kesehatan
Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan layur sangat baik untuk kesehatan selain baik untuk jantung juga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis lainnya seperti aterosklerosis.

Mengoptimalkan Produksi Hormon Serotonin
Hormone serotonin memiliki fungsi yang penting bagi tubuh salah satunya berfungsi sebagai neurotransmitter yang dapat mengatur mood atau suasana hati.

Mengandung Anti Inflamasi
Ikan layur juga mengandung anti inflamasi yang artinya dapat mencegah terjadinya peradangan dan kondisi-kondisi yang muncul akibat adanya peradangan.

Mengatasi Hipotensi
Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi yang artinya darah rendah. Ikan layur mengandung zat besi dimana manfaat zat besi yang utama adalah dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah untuk mengatasi hipotensi.

Mencegah Anoreksia
Anoreksia merupakan penyakit fisik dan psikologi dimana penderitanya tidak pernah merasa lapar dan fobia dengan tubuh gemuk. Jika dibiarkan kondisi ini akan menyebabkan penderitanya menjadi kurus karena kekurangan gizi. Menurut penelitian mengkonsumsi ikan layur dapat membantu mengatasi gejala ini.

Baik untuk Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan mungkin sistem yang bekerja paling berat pada tubuh karena harus mengolah makanan, memilah nutrisi untuk diserap tubuh jadi fungsinya harus optimal dan ikan layur mengandung zat yang dapat mendetok usus sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Nutrisi ikan layur yang lengkap ternyata juga sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengandung Protein Tinggi
Manfaat protein sangat baik untuk meningkatkan massa otot dan ikan layur mengandung protein yang cukup tinggi.

Mengurangi Risiko Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan orang yang menderita diabetes harus melakukan diet yang sangat ketat. Ikan layur merupakan salah satu jenis ikan yang tergolong aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Rendah Kolesterol
Banyak orang menghindari mengkonsumsi ikan karena kandungan kolesterolnya. Ikan layur tergolong ikan yang rendah kolesterol serta mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengoptimalkan produksi kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat.

Menambah Stamina Tubuh
Kandungan vitamin B kompleks yang terkandung dalam ikan layur cukup tinggi dan salah satu manfaat vitamin B untuk tubuh adalah dapat membantu meningkatkan stamina dan energi.

Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
Mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh yang artinya semua fungsi tubuh bekerja secara optimal.

Baik untuk Kesehatan Otak
Semua ikan laut mengandung manfaat omega 3 untuk kesehatan yang tentunya baik sekali untuk mengoptimalkan fungsi otak serta sistem saraf.

Direkomendasikan Untuk Anak-anak Masa Pertumbuhan
Manfaat ikan bagi kesehatan sangatlah banyak terutama bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Ikan layur yang kaya nutrisi serta memiliki rasa yang enak pasti disukai oleh anak-anak.

Tak hanya di Indonesia, ikan layur ternyata juga terkenal di beberapa negara Asia lain terutama di negara-negara yang masyarakatnya memang gemar menyantap ikan seperti di Jepang yang mengolah ikan layur menjadi sashimi atau di Korea dimana ikan layur lebih sering disantap dengan cara digoreng atau dibakar. Tekstur ikan layur yang kenyal dan tidak mengandung banyak minyak ini sangat enak dan gurih untuk diolah menjadi berbagai macam jenis makanan.[**manfaat]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT