Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I Siap Diuji Kelayakan

Rabu, 04 Desember 2019 - 20:07:21 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Tim Sertifikasi Layak Fungsional Kementerian PUPR, pekan depan akan turun meninjau lokasi pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai di Riau. Tim tersebut akan melakukan uji layak fungsi seksi I jalan bebas hambatan sepanjang 9,5 Km itu sebelum dioperasikan pada Januari 2020.

"Pekan depan sesuai prosedur Bina Marga Kementerian PUPR itu seksi I harus sertifikat layak fungsi. Jadi tanggal 20 Desember akan turun Tim Uji Layak Fungsi," kata Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT Hutama Karya (HK), M Fauzan, Rabu (4/12/2019) di Pekanbaru.

Fauzan mengatakan Seksi I jalan tol Pekanbaru-Dumai dinyatakan layak atau tidak tergantung persetujuan Menteri PUPR.

"Karena jalan tol ini kebutuhan masyarakat, biasa izin tak lama-lama," ucap Fauzan didampingi Dirut HK Infrastruktur Aji Prasetyanti, dan

Lebih lanjut dia menyatakan, biasanya uji layak fungsi ini dilakukan selama tiga hari oleh tim. Kemudian jika hasil uji ada kekurangan, maka tim akan memberikan waktu kepada HK untuk memperbaiki.

"Prediksi kita kalau memang perbaikan tidak banyak, maka Januari itu sudah diputuskan oleh pak Menteri PUPR bahwa seksi I sudah layak fungsi," ujarnya.

Ditanya apa saja yang akan dinilai tim, Fuazan menyatakan ada banyak yang dilakukan uji layak oleh tim, mulai dari rambu lalu lintas, penyeberangan orang, operasional responsif emergency yang meliputi mobil ambulance, mobil derek dan mobil layanan semua dilihat.

"Alhamdulillah semua itu sudah kita lengkapi. Mudah-mudahan tidak ada kekurangan saat dicek tim. Sehingga bisa dikeluarkan sertifikat layak fungsi," harapnya.

"Setelah itu baru kita lakukan uji fungsional, kemudian setelah itu baru operasional. Saat uji fungsional ini akan ada ujicoba selama satu bulan, jadi selama masa itu masyarakat yang melintas tol digratiskan," tukasnya. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT