Cara Backup Data di Android Tanpa Memori Tambahan

Kamis, 28 November 2019 - 21:14:56 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Para pengguna berbagai gadget digital tentu sudah tahu pentingnya backup data. Hal ini merupakan salinan data yang digunakan jika terjadi kerusakan atau memudahkan untuk pindah gadget baru.

Oleh sebab itu, melakukan backup data menjadi hal penting bagi pengguna Android. Terlebih, smartphone saat ini memiliki banyak fungsi, termasuk di antaranya menyimpan data-data penting, seperti kontak, dokumen, atau foto.

Untuk itu, tidak dapat dibayangkan, apabila Anda harus kehilangan data yang mungkin sudah dikumpulkan sejak lama. Berbagai metodi ini pun tidak terbatas pada metode backup yang konvensional juga ditawarkan para manufaktur perangkat, melainkan juga yang ditawarkan pihak ketiga.

Hal ini dimaksudkan agar Anda tetap dapat mencadangkan dan memulihkan data, meski menggunakan perangkat dari manufaktur berbeda. Tanpa berpanjang lebar, simak cara untuk melakukan backup data di Android , seperti dikutip dari Make Use Of via Tekno Liputan6.com, berikut ini.

Mencadangkan Pengaturan di Google Drive

Perlu diingat, Android sebenarnya menawarkan beberapa cara bagi pengguna untuk mencadangkan data yang dimilikinya. Salah satunya adalah pengaturan yang ada di perangkat, sehingga Anda tidak perlu repot mengatur banyak hal.

Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka menu 'Settings', pilih 'System' dan 'Backup'. Setelah dibuka, Anda dapat memilih 'Back up to Google Drive'.

Ada beberapa kategori data yang dapat Anda cadangkan, pilih opsi 'Settings' untuk menyalin pengaturan yang ada di pengaturanmu. Nantinya, data cadangan ini dapat diakses pula dari aplikasi Google Drive.

Backup Foto di Google Photos
Sementara untuk melakukan pencadangan foto, aplikasi yang dapat diandalkan adalah Google Photos. Cara untuk melakukan backup di aplikasi ini pun dipastikan mulus dan mudah.

Anda dapat mengaktifkan fitur backup dengan membuka aplikasi Google Photos, lalu pilih Settings dan nyalakan opsi 'Back up & Sync'. Tidak hanya mencadangkan data, Anda dapat memilih kualitas foto yang ingin disimpan.

Setelah selesai melakukan pencadangan, Anda dapat menghapus foto atau gambar yang sudah dicadangkan dengan opsi 'Free up space'. Jadi, setelah foto atau gambar berhasil dicadangkan, Anda dapat mengaksesnya kapanpun selama online.

Backup Kontak Lewat Google Contacts
Untuk mencadangkan kontak yang ada di perangkat, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Google Contatcs. Lewat aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menyalin kontak yang ada di perangkat akun Google milikmu.

Caranya, Anda dapat membuka menu 'Settings', lalu 'Import' dan pilih sumber kontak yang ingin disalin. Selanjutnya, Anda tinggal memilih akun Google yang ingin dipakai untuk menyimpan daftar kontak tersebut.

Selain melakukan pencadangan online, Anda juga dapat melakukannya secara offline. Jadi, Anda pilih opsi Export, lalu pilih akun Google yang ingin dipakai, dan terakhir pilih Export to .vcf file.

Backup SMS
SMS mungkin terbilang sudah jarang digunakan, tapi nyatanya masih ada orang yang memakainya dengan berbagai alasan. Untuk itu, pengguna Android juga dapat mencadangkan SMS yang ada di perangkatnya.

Namun untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, salah satu yang dapat dipakai adalah SMS Backup & Restore. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di aplikasi untuk melakukan backup.

Cadangkan Musik, Dokumen, dan File Lain
Selain data-data di atas, Anda juga dapat mencadangkan beragam informasi penting lain yang ada di perangkat, seperti musik atau dokumen. Namun untuk melakukannya, Anda perlu memanfaatkan aplikasi seperti Google Drive.

Sementara untuk kebutuhan berupa dokumen atau catatan, Anda dapat menggunakan Google Keep agar dapat menyimpannya di cloud. Sejumlah aplikasi chatting, seperti WhatsApp, juga menyediakan opsi pencadangan di Google Drive dan dapat Anda manfaatkan. [**]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT