Semangka Ampuh Turunkan Berat Badan Dalam 5 Hari

Kamis, 28 November 2019 - 14:58:04 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Diet semangka umumnya diterapkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan secara instan. Karena itu, diet ini hanya dapat dilakukan selama empat atau lima hari. Selama menjalankan diet semangka, kamu disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang menguras energi. Apakah benar bisa menurunkan berat badan?

Ada beragam cara menurunkan berat badan, salah satunya dengan diet semangka. Mungkin diet ini masih asing di telinga sebagian orang. Namun, diet semangka diklaim menyehatkan dan efektif menurunkan berat badan tanpa memberi dampak negatif bagi kesehatan. 

Semangka adalah buah kaya nutrisi dengan banyak kandungan air dan rendah kalori. Buah berukuran besar ini diyakini dapat mendetoksifikasi tubuh tanpa meninggalkan rasa lapar. Selain itu, semangka juga kaya serat yang bermanfaat memperlambat pencernaan, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Hal ini yang menjadi alasan semangka dapat menurunkan berat badan.

Buah berdaging merah ini juga kaya vitamin, mineral, serta antioksidan. Mengonsumsi semangka setiap hari dapat membantu menurunkan risiko obesitas, jantung, juga diabetes. Tak hanya itu, dilansir dari laman Boldsky, diet semangka juga ampuh membuang kelebihan racun, garam, dan kotoran lainnya dari tubuh. 

Diet semangka umumnya diterapkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan secara instan. Karena itu, penting diingat bahwa diet ini hanya dapat dilakukan selama empat atau lima hari. Sebab, jika dilakukan secara berlebihan, dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan. 

Tidak semua orang boleh menjalankan diet ini, terutama anak-anak dan wanita hamil. Bahkan selama menjalankan diet semangka, kamu disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang menguras energi. 

Menjalankan diet semangka memang gampang. Kamu cukup mengonsumsi semangka sepanjang hari, mulai dari sarapan hingga makan malam. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara dijus tanpa gula ketika sarapan, camilan saat menjelang makan siang, serta makanan penutup pada malam hari. 

Saat melakukan diet semangka, kamu harus memastikan bahwa jumlah semangka yang dikonsumsi tidak kurang. Jumlah idealnya adalah 1:10. Hitung-hitungannya seperti ini. Jika berat badan kamu 70 kilogram, artinya kamu perlu makan tujuh kilogram semangka selama diet. Namun, semua tergantung pada berapa banyak berat badan yang ingin kamu pangkas. 

Perlu diketahui, dalam 100 gram semangka mengandung 7 gram gula dan 32 kalori. Jadi, jumlah ideal yang diperlukan adalah 150 kalori dalam sekali makan. Selain itu, semangka juga mengandung 97 persen air, sehingga dapat membantu tambahan konsumsi air putih sepanjang hari dan khawatir bakal dehidrasi. 

Untuk kombinasi, kamu bisa mengonsumsi buah semangka bersama beberapa biji chia atau biji rami. Nah, jika sudah lebih dari lima hari, kamu perlu mengontrol pola makan demi mempertahankan hasil berat badan yang sudah dicapai. Kamu masih diperbolehkan mengonsumsi semangka sebagai pilihan buah atau camilan. Bagaimana kamu tertarik mencoba diet semangka? [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT