Gubernur Sumatera Utara Buka Parade Budaya di Asahan

Jumat, 22 November 2019 - 07:15:27 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Pembukaan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan tahun 2019 diresmikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang didampingi Pangdam I/Bukit Barisan dengan ditandai pelepasan balon bersama-sama di Terminal Madya Kisaran, Asahan, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan tersebut diawali dengan pelepasan parade etnis yang terdiri dari 14 etnis, diantaranya etnis Pak Pak, Karo, Jawa, Nias, Batak Toba, Aceh, Tabagsel, Tionghoa, India, Simalugun, Sunda, Banjar, Minang dan Melayu.

Setelah melepas parade tersebut, Gubsu yang didampingi Bupati Asahan beserta rombongan menuju lokasi PSBD yang berada di Terminal Madya Kisaran untuk membuka secara resmi acara PSBD Kabupaten Asahan Tahun 2019.

Ketua panitia penyelenggara, Rianto menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini adalah keputusan Bupati Asahan nomor 356-Disdik-2019 tentang pembentukan Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kabupaten Asahan.

PSBD ini merupakan yang ke VI kalinya, sejak tahun 2013 secara rutin dilaksanakan 2 kali setahun di Kabupaten Asahan.

Kegiatan PSBD ini merupakan 14 etnis yang tergabung dalam wadah Forkala wKabupaten Asahan.

Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 14 hari dengan cara bergiliran dengan menampilkan pertunjukan kebudayaan dan keseniannya masing-masing.

Kemudian, Bupati Asahan, Surya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada dimasyarakat.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang RI nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Disamping bertujuan untuk melestarikan seni dan tradisi yang ada dimasyarakat, juga memberikan hiburan bagi masyarakat, penyampaian informasi, pengetahuan, serta merupakan perekat masyarakat antara satu etnis dengan etnis lainnya, sehingga memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selanjutnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mendukung pelaksanaan PSBD Kabupaten Asahan tahun 2019 yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Asahan.

Edy juga menyampaikan bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang melestarikan seni budaya dengan cara menggelar PSBD yang mana kegiatan ini diikuti oleh seluruh etnis yang ada di Kabupaten Asahan.

"Saya yakin bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten yang mencintai dan dapat melestarikan seni budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Asahan", ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Edy menyampaikan agar dapat membesarkan dan mengevaluasi kegiatan PSBD ini untuk dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya, karena kegiatan ini sangat berguna dalam melestarikan seni budaya kepada generasi muda. (Tums)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT