Murid SDN 074048 Luaha Bo'uso Belajar Tanpa Guru di Kelas

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:20:22 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Murid SD SDN 074048 Luaha Bo'uso Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli - Sumatera Utara harus belajar sendiri tanpa guru di kelas. Kegiatan belajar mengajar seperti ini sudah sering dialami para murid dan sempat menjadi persoalan bagi orang tua murid.

Pantauan wartawan di SD Negeri No. 074048 Luaha Bouso Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli - Sumatera Utara, yang sempat mengambil foto ruang kelas yang tidak ada guru tetapi murid-murid sudah berada dalam kelas.

Saat itu Kepala Sekolah langsung mengikuti wartawan yang ingin mengambil foto dan sempat mengatakan, "mohon maaf pak, jangan difoto-foto saja kalau tidak ada izin dari kami".

Kepsek Ahmad Karim Aceh, yang dikonfirmasi terkait Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang selama ini dikeluhkan sejumlah orang tua wali murid terkait guru yang sering tidak masuk lokal dan dimenakan dana BOS selama ini.  "Apa kira-kira jawaban saya pak?", kata Kepala Sekolah yang dinilai aneh ini. 

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya Ahmad Karim Aceh mengatakan tidak mau menjawab, bahkan mengarahkan untuk dikonfirmasi kepada atasannya termasuk kepada yang menangani dana BOS pada Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli. "Inilah kondisi kita, kami tidak mau berkomentar".

Salah seorang orangtua murid yang tidak bersedia disebutkan namanya, mengatakan, selama ini KBM di SD Luaha Bo'uso Kecamatan Gunungsitoli Utara tidak berjalan dengan baik, sehingga banyak murid terabaikan tidak belajar dan orangtua merasa kecewa atas kejadian tersebut. Selain itu guru-guru juga sering tidak masuk mengajar karena lebih fokus terhadap bermain medsos. Demikian juga termasuk penggunaan dana BOS diduga tidak terlaksana sebagaimana mestinya.

Akibat kejadian tersebut banyak orangtua murid yang berencana memindahkan anaknya di sekolah lain, sehingga diprediksi sekolah ini akan kehilangan murid akibatnya proses KBM terabaikan dan tidak berkualitas, buktinya saat ini banyak murid yang pindah dari sekolah tersebut.[epianus]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT