Bupati Resmikan Poliklinik Geriatri RSUD Bengkalis

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:04:21 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis, Kasmarni meresmikan pemakaian Poliklinik Geriatri dan Launching Pendaftaran Online Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bengkalis, Kamis (17/10/19).

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis mengatakan peresmian poliklinik geriatri ini bertujuan untuk memenuhi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) dan mempermudah para pasien lanjut usia (lansia) dalam memperoleh pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Bengkalis.

Sesuai dengan hasil proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia, pada tahun 2045 mendatang Indonesia memiliki 63,31 juta lansia atau mencapai 20 persen populasi. Bahkan, proyeksi PBB juga menyebutkan bahwa persentase lansia Indonesia akan mencapai 25 persen pada tahun 2050 atau sekitar 74 juta lansia.

"Dengan terjadinya peningkatan populasi lansia tersebut, maka RSUD Bengkalis harus terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya bagi para lanjut usia dengan membuka Poli Geriatri," kata Amril Mukminin.

Kemudian kata Kepala Daerah Bengkalis, dengan di launchingnya pendaftaran online RSUD Kabupaten Bengkalis para pasien diharapkan tak perlu mengantri dan menunggu langsung untuk mendaftar diri di RSUD guna memeriksa kesehatannya.

"Cukup membuka aplikasi online melalui playstore atau google play di hp android, para pendaftar dapat mengetahui informasi dan pendaftaran rawat jalan, jadwal dokter dan lain-lain sehingga pasien dapat melakukan pendaftaran pelayanan rawat jalan satu hari sebelum kunjungan sehingga tidak perlu mengantri," kata Amril Mukminin.

Lebih lanjut Bupati Bengkalis juga mengingat sistem aplikasi yang diluncurkan RSUD Bengkalis masih terlalu dini dan membutuhkan sarana pendukung untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk itu, kepada RSUD Kabupaten Bengkalis untuk segera menginventarisir kebutuhan peralatan. Sehingga kedepan layanan yang diberikan oleh RSUD Bengkalis bisa terlaksana secara maksimal," tegas Amril.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur RSUD, dr. Ersan Saputra mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan upaya yang dilakukan RSUD Kabupaten Bengkalis dalam memperbaiki mutu dan sistem layanan kepada masyarakat.

"Pelayanan poliklinik geriatri merupakan salah satu poli yang memfasilitasi masyarakat lansia. Dimana lansia ketika berobat tidak perlu berganti-ganti poli, cukup di Poli Geriatri. Ini merupakan upaya agar lansia tidak kesulitan dalam memeriksa kesehatannya," kata Ersan.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, Staf Khusus Bupati Bengkalis Isa Selamat, Kepala Bagian Keuangan RSUD Bengkalis Ahmad Toha, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita Bustami, Kabag Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Alfakhrurrazy, Anggota TP-PKK Kabupaten Bengkalis dan Staf RSUD Kabupaten Bengkalis. [INF/RUDI]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT