Fakta Menarik Gigi Piranha yang Sangat Mengejutkan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:51:03 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com – Apa yang kami pikirkan begitu mendengar atau melihat ikan piranha? Pasti sebagian besar dari kalian mengingat salah satu ikan ganas karena giginya yang tajam. Gigi piranha bisa merobek dan mengoyak daging mangsa. 

Namun belakangan ini, penelitian baru mengejutkan ilmuwan. Dikutip dari laman Foxnews, Rabu 16 Oktober 2019, ternyata gigi piranha itu punya sisi luar biasa yang mengesankan ilmuwan, Apa itu? 

Sebelumnya peneliti cuma memahami dan menemukan regenerasi gigi pada piranha tidak berjalan serentak. Misalnya regenerasi gigi berjalan sebagian, yakni sisi barisan kanan atau kiri pada mulut ikan ganas tersebut. 

Regenerasi gigi piranha yang luar biasa itu ditemukan ilmuwan pada piranha jenis Serrasalmus medinai. Piranha diketahui meregenerasi gigi mereka beberapa kali sepanjang hidup mereka.

Dalam penelitiannya, tim peneliti tersebut memindai berbagai piranha untuk mengetahui sulitnya regenerasi gigi piranha. Pada pengamatan piranha Serrasalmus medinai, mereka menemukan sisi luar biasa tersebut. 

"Gigi piranha ini membentuk barisan padat yang terkunci bersama dan semua hilang sekaligus di satu sisi wajah. Gigi baru kemudian menggunakan bekas tempat barisan gigi lama. Jadi piranha tak pernah ompong meski mereka terus menerus mengganti gigi kusam dengan gigi baru yang tajam," jelas salah satu peneliti tersebut, Adam Summers.

Rekan ilmuwan lain yang terlibat dalam tim penelitian ini menjadi belajar dari kasus regenerasi serempak gigi piranha jenis tersebut. 

Dengan gigi yang saling bertautan, piranha akan beralih dari cuma mengandalkan satu gigi tajam yang bisa memotong daging, sehingga menjadi barisan gigi," jelas ilmuwan lainnya dalam tim tersebut, Karly Cohen. 

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Evolution & Development. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT