Bupati Sukiman Dorong Pengembangan Wisata Hutan Air Panas

Ahad, 15 September 2019 - 10:49:48 WIB
Share Tweet Google +

Kunjungan Bupati Rohul Di Objek Wisata Hutan Air Panas

Loading...

Metroterkini.com - Kunjungan wisatawan ke Hutan Wisata Air Panas yang berlokasi di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) semakin meningkat. Pasalnya, hutan wisata air panas yang selama ini belum terkelola  dengan baik.

Kini kondisi destinasi wisata tersebut, berubah drastis setelah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah dibawah kepemimpinan H Sukiman selaku Bupati Rohul yang komit untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Negeri Seribu Suluk.

Disamping adanya komitmen bersama dari masyarakat bersama Pemerintah Desa Air Panas dan Kecamatan Pendalian IV Koto untuk membenahi dan menata Hutan Wisata Air Panas yang telah dapat menarik ribuan pengunjung.

Dalam kunjungan kerja ke Hutan Wisata Air Panas, Ahad (15/9/19), Bupati Rohul H Sukiman menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Pendalian IV Koto khususnya pemuda dan masyarakat Desa Air Panas yang memberikan support dan mendukung memajukan Hutan Wisata Air Panas ini, sehingga keberadaan objek wisata baru ini, telah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar Rokan Hulu.

‘’Saya sangat bangga dan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, pemuda dan Pemerintah Desa Air Panas yang telah mendukung dan gotong royong  dalam mengembangkan Hutan Wisata Air Panas yang sebelumnya tidak terawat dengan baik, sekarang menjadi Destinasi Wisata baru yang tidak kalah menarik dari Objek Wisata Air Panas Pawan,’’ ungkap Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Ahad (15/9) petang, usai berkunjung meninjau pengelolaan Hutan Wisata Air Panas oleh Pemerintah Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto.

Kunjungan ketiga kalinya, Bupati Rohul didampingi Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj Peni Hewati Sukiman, Camat, Kades Air Panas, masyarakat serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Bupati perpesan kepada masyarakat maupun pemuda Desa Air Panas, sebagai tuan rumah dengan bekeradaan Hutan Wisata Air Panas, dapat memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung, disamping keberadaan destinasi Hutan Wisata Air Panas ini memberikan dampak yang besar terhadap prekonomian masyarakat dan kemajuan pembangunan di Desa Air Panas.

Dijelaskannya, lokasi keberadaan Air Panas di Desa Air Panas dengan luas sekitar 3 Hektar ini, merupakan tanah milik Pemkab Rohul yang jaraknya kira kira 500 meter dari pemukiman warga Desa Air Panas. Untuk infrastruktur jalan tersebut telah dibuka oleh Dinas PUPR Rohul dengan lebar 12 M yang tanahnya dihibahkan masyarakat setempat.

‘’Saat ini, Hutan Wisata Air Panas dikelola oleh desa. Tentunya Pemerintah Desa Air Panas harus membuat peraturan desa tentang iuran retribusi dan parkir di objek wisata ini serta sumber penerimaan pendapatan desa. Insya Allah, dalam waktu dekat, sertifikat lahan objek Hutan wisata air panas  akan diproses oleh BPN Rohul,’’ katanya.

Mantan Dandim Indragiri Hilir itu megaku, destinasi Hutan Wisata Air Panas ini, mempunyai tingkat kepanasan antara 25- 30 derajat Celsius. Dengan di kelilingi oleh Kayu kayu yang besar dan tinggi serta asri, sehingga sangat baik di gunakan sebagai tempat rekreasi dan edukasi bagi pelajar dan generasi muda kedepannya Bahkan ada satu tempat air panas berlumpur di daerah ini, yang dimamfaatkan oleh masayrakat untuk terapi penyakit, sudah teruji untuk rematik sakit-sakit tulang.

‘’Tidak saja di Desa Air Panas, potensi obejek wisata air panas lainnya ada di Kecamatan Rokan IV Koto di Desa Rokan Timur dan Sikebau Jaya. Kedepan juga kita tata dan desain dengan baik, sehingga dapat menarik pengunjung datang ke lokasi objek wisata yang ada.

Sukiman mengaku, berbeda dengan kondisi Air panas di Hapanasan Suaman, dimana objek wisata Hutan Air Panas merupakan gabungan hutan yang Asri didukung dengan sumber Air Panas. Dimana sumber air panas yang sangat pas hangatnya untuk mandi anak- anak maupun orang dewasa, baik juga untuk terapi, dapat langsung dinikmati dari sumber air panasnya. (Adv/Diskominfo Rohul)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT