Pemkab dan Polres Asahan Gelar Menanam 1 Juta Pohon

Selasa, 15 Oktober 2019 - 22:38:22 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bersama Polres Asahan menggelar gerakan menanam 1 juta pohon di Desa Sei Dua Hulu, Simpang Empat, Asahan, Selasa (15/10/2019).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Benteng Panjaitan mengapresiasi kegiatan penanaman 1 juta pohon yang dilaksanakan oleh seluruh Kapolres di wilayah Polda Sumatera Utara, terkhusus kepada Kapolres Asahan.

Kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Benteng mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Pemkab Asahan dibawah kepemimpinan Bupati Asahan terhadap lingkungan yang ada di Kabupaten Asahan.

"Dengan penanaman 1 juta pohon ini diharapkan dapat mencegah banjir yang sering melanda Kabupaten Asahan, khususnya Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat. Sehingga masyarakat Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat dapat merasa nyaman bertempat tinggal di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat", ungkapnya.

Benteng juga menjelaskan di Kabupaten Asahan, TNI, Polri dan Pemkab Asahan sangat kompak dalam membangun Kabupaten Asahan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Asahan, Surya menyampaikan bahwa kawasan Danau Toba merupakan kawasan strategis Nasional dan menjadi 1 dari 4 ikon baru pariwisata Indonesia.

Kabupaten Asahan sebagai salah satu daerah yang berada didalam ekosistem kawasan Danau Toba, kerap sekali mendapatkan dampak negatif dari menurunnya kualitas lingkungan di sekitar Danau Toba.

Seperti halnya, Desa Sei Dua Hulu, Asahan sering sekali terdampak banjir yang disebabkan meluapnya air sungai Asahan, itu disebabkan karena vegetasi pepohonan disekitar kawasan Danau Toba sudah semakin menipis sehingga tidak mampu lagi menyimpan air dan menyebabkan sedimentasi akibat erosi yang terjadi di daerah hulu.

"Pada hari ini, kita bersama- sama berupaya memperbaiki kondisi tersebut melalui penanaman pohon secara massal dan berkelanjutan. Mungkin manfaatnya tidak akan dapat kita rasakan sekarang, tetapi akan dirasakan anak cucu kita", ungkapnya.

Surya juga mengajak masyarakat untuk menanaman pohon menjadi suatu kebiasaan dan memelihara pohon yang ditanam tersebut agar dapat tumbuh dan berkembang.

Kepada Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, LSM, Wartawan dan Mahasiswa, Surya meminta bantuan untuk terus memberikan pemahaman tentang akan pentingnya memelihara lingkungan.

"Mempertahankan pohon dan hutan yang masih ada, tentu lebih baik dari pada harus menanam kembali pohon-pohon baru yang memerlukan puluhan tahun agar pohon itu menjadi besar", ungkapnya.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitapulu pada pidatonya menyampaikan kegiatan menanam sejuta pohon ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan yang bermanfaat untuk mengurangi dampak pemanasan global, sebagai sumber oksigen, menyimpan air dalam tanah, menyerap polusi udara, sebagai tampat tinggal hewan dan mencegah banjir.

Penanaman sejuta pohon ini serentak dilaksanakan diwilayah Polda Sumatera Utara dengan tujuan mampu memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat Sumatera Utara.

Kemudian, Faisal juga mengatakan menurut data sebuah lembaga independen pemantau hutan Indonesia, 82 hektar luas daratan Indonesia masih tertutup hutan. Ini merupakan satu prestasi membanggakan, mengingat hutan merupakan salah satu pendukung yang sangat penting bagi keseimbangan alam.

Disamping itu, Faisal juga mengharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan.

Selain itu, Faisal juga menjelaskan penanaman sejuta pohon ini juga merupakan gagasan Kapolda Sumatera Utara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Sumatera Utara atas kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Dimana bumi yang kita tinggalkan merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu. Karena itu, penting bagi kita untuk bertanggungjawab dan bersama-sama merawat lingkungan", ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Faisal juga menyampaikan bahwa pada hari ini akan ditanam sebanyak 12 ribu bibit pohon dan bersama Bupati Asahan serta unsur Forkopimda melakukan penanaman bibit pohon dilokasi yang telah ditentukan.

Selanjutnya, menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kepala Desa Suka Raja, Kepala Desa Simpang Empat dan perwakilan Danyon 126/KC.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kasdim 0208 Asahan, perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Bhayangkari Cabang Kisaran, dan tamu undangan lainnya. (Tums)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT