Diskominfo Fasilitasi Warga Melalui Aplikasi MalangKab Tanggap

Jumat, 11 Oktober 2019 - 13:52:40 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Wujud komitmen dalam merespons seluruh laporan warganya, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang, memberikan fasilitas bagi warga melalui aplikasi MalangKab Tanggap.

Pada aplikasi mobile ini, masyarakat Kabupaten Malang dapat menyampaikan aspirasinya, mulai dari memberkan masukan, saran, hingga kendala yang dialami warga terkait pelayanan pemerintah Kabupaten Malang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung, Kamis (10/10/19) mengatakan, Jika selama ini warga Kabupaten Malang dan para penikmat dunia maya hanya gemar “berselancar” di media sosial (medsos), kini melalui aplikasi MalangKab Tanggap, masyarakat bisa menyampaikan keluhan dan masukan terkait kinerja pemerintahan. 

Selain itu, para warga Kabupaten Malang juga dapat memberikan informasi akan kejadian maupun bencana, seperti kemacetan, kecelakaan, musibah kebakaran, banjir, longsor, pohon tumbang dan sebagainya melalui aplikasi MalangKab Tanggap.

Yang nantinya, semua informasi yang disampaikan warga melalui aplikasi MalangKab Tanggap ini, akan segera terhubung ke instansi terkait, sehungga segera ditanggulangi, kata Ferry.

Misalnya ada keluhan terkait kepengurusan data kependudukan, jalan rusak, bencana banjir, kebakaran, kemacetan, kecelakaan dan sebagainya melalui aplikasi ini, maka kami segera sampaikan ke Dinas terkait dan pihak Kepolisian, agar segera ditangani, contoh Ferry.

Ia menjelaskan, Aplikasi yang rencananya akan segera di launching pada bulan November mendatang ini, bisa diinstal melalui layanan play store yang ada di smart phone.

Cara menginstal aplikasi MalangKab Tanggap ini, tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi yang ada di Play Store dan Aplikasi ini gratis, jadi siapa saja bisa menginstalnya. Setelah itu, para warganet tinggal registrasi saja dengan cara memasukkan nomor KTP hingga verifikasi melalui email.

Sementara ini, aplikasi Malangkab Tanggap hanya bisa diakses melalui android, ke depan pihaknya akan kembangkan agar bisa diakses melalui ios, lanjut Ferry.

Dengan demikian, saat resmi dirilis pada bulan November 2019 mendatang, pihak Diskominfo  berjanji akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dengan harapan agar Kabupaten Malang bisa menjadi salah satu daerah Smart Regency di Indonesia. [al]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT