Menanjak Berbau Sangit, Hindari Gantung Kopling Mobil

Menanjak Berbau Sangit, Hindari Gantung Kopling Mobil

Metroterkini.com - Jalan menanjak dan macet tak jarang timbul bau sangit dari mobil. Salah satu penyebabnya karena kebiasaan menggantung kopling.

Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi menyebut kebiasaan menggantung atau bermain setengah kopling saat menghadapi kemacetan di tanjakan bisa memperpendek umur kampas kopling.

"Kalau kampas kopling bau sangit itu karena pengemudinya main setengah kopling," kata Anjar saat dihubungi detikcom, Rabu (9/10/2019).

"Sebaiknya hindari main setengah kopling, biasanya orang main setengah kopling saat macet di tanjakan," ungkap Anjar.

Kalaupun mobil harus menghadapi kemacetan ditanjakkan sebaiknya pengemudi menggunakan rem tangan, ia menyarankan agar tidak menggunakan metode setengah kopling. "Sebaiknya gunakan rem tangan untuk membantu menahan kendaraan saat akan take off di posisi menanjak," ujar Anjar.

Anjar menyebut tak melulu saat timbul bau sangit atau tak sedap harus mengganti komponen. Namun supaya aman perlu diperhatikan dicek seksama, apakah kopling sudah tipis yang berakibat pada tenaga dan konsumsi BBM.

"Sepanjang mobil masih bisa digunakan, bisa dilanjutkan. Tapi segera setelah itu kunjungi bengkel terdekat untuk memastikan kondisinya," tutur Anjar.

"Jika diperlukan penggantian, segera lakukan penggantian kampas kopling," saran Anjar. [dto-mer]

Berita Lainnya

Index