Cara Mengatasi Masalah Kecantikan Saat Panas

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 14:39:06 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Cuaca panas membuat tubuh terasa gerah. Produksi keringat jadi meningkat. Kondisi tubuh pun ikut berubah.

Hadirnya cuaca panas kadang ikut mendatangkan berbagai masalah kecantikan. Misalnya kulit wajah berminyak, ketombe, dan kulit kering.

Masalah kecantikan apa saja yang kerap terjadi saat cuaca panas dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini Merdeka.com tampilkan selengkapnya.

Kulit Wajah Berminyak

Cuaca panas cenderung menjadikan kulit memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya wajah jadi terlihat tidak segar. Jika tidak dibersihkan secara teratur bahkan bisa menjadi penyebab komedo dan jerawat.

Solusi:
Bawalah facial wash atau pembersih wajah andalan Anda ke manapun Anda pergi. Tak ada salahnya juga beralih ke pelembap yang bersifat oil-controlling atau non-comedogenic.

Anda juga bisa mencoba facial steam dengan air hangat yang sudah ditetesi minyak esensial untuk kulit berminyak. Misalnya lemon oil, tea tree oil, dan bergamot oil.

Ketombe

Karena kulit kepala ikut memproduksi minyak dan keringat lebih banyak, bakteri dan jamur penyebab ketombe jadi mudah berkembang biak.

Solusi:
Gunakan sampo anti-ketombe yang mengandung ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, atau zinc pyrithione untuk mengatasi ketombe. Penggunaan tea tree oil, air perasan jeruk nipis, atau lemon bisa membantu mengatasi ketombe.

Ketombe juga bisa disebabkan oleh jamur. Ciri-cirinya adalah ketombe berbentuk serpihan besar seperti kulit yang mengelupas. Anda bisa mencoba menggunakan krim anti-jamur secukupnya untuk mengobati masalah ini.

Rambut Lepek

Rambut kering pun jadi lebih cepat lepek saat cuaca panas.

Solusi:
Anda bisa keramas lebih sering untuk mencegah rambut lepek. Jika tidak ingin rambut mudah lepek saat cuaca panas, sebaiknya hindari penggunaan topi atau ikat rambut.

Memakai sampo berformula ringan juga bisa menghindarkan rambut dari lepek yang ditimbulkan minyak berlebih dari conditioner, masker rambut, atau minyak rambut.

Jerawat

Minyak dan keringat berlebih bisa membuat kotoran, debu, dan polusi menempel di kulit. Terjadilah penyumbatan di pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Solusi:
Cara terbaik untuk mencegah jerawat adalah memastikan kulit senantiasa bersih. Cuci muka setidaknya dua kali sehari dan lakukan cleansing secara seksama setelah memakai makeup.

Memakai skincare untuk kulit berjerawat dan bedak yang dilengkapi kandungan anti-jerawat seperti asam salisilat juga bisa mengurangi risiko munculnya jerawat.

Kulit Kering

Bukan cuma tubuh yang bisa mengalami dehidrasi. Kulit pun bisa menunjukkan gejala dehidrasi. Tandanya adalah hilangnya kelembapan dan kulit kering.

Solusi:
Cara paling mudah untuk mencegah dan menghindari dehidrasi kulit adalah minum cairan dalam jumlah cukup. Rajin-rajinlah minum air putih atau makan buah yang memiliki kandungan air tinggi.

Memakai lotion atau aloe vera gel juga berguna untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit.

Ruam Kemerahan

Cuaca panas, sengatan matahari, dan polusi bisa membuat kulit mengalami ruam merah atau heat rashes.

Solusi:
Jaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas. Gunakan sabun atau shower gel yang mengandung khasiat anti-bakteri.

Mengusap ruam dengan es batu juga bisa membantu. Jika ruam merah terus muncul, segera konsultasikan kepada dokter.

Demikian masalah-masalah kecantikan yang kerap terjadi saat cuaca panas dan cara mengatasinya. [mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT