Musim Asap, 2.961 Kasu ISPA Ditemukan di Rohul

Senin, 23 September 2019 - 23:10:45 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com -‎ Kondisi asap dampak dari Karlahut di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, semakin tampak pekat sampai Senin (23/9/2019). Keberadaan asap sedikit mengganggu aktivitas masyarakat di 16 kecamatan yang ada.

Saat ini jarak pandang pengendara sudah terbatas. Bahkan, Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian mulai tampak samar dari jarak sekira 400 meter, demikian juga Gerbang Perkantoran Pemkab Rokan Hulu.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hulu, laporan dari 21 Puskesmas yang ada, menunjukkan jumlah penderita penyakit Insfeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA‎), dan penyakit dampak asap semakin meningkat.

"Tapi untuk kategori ISPA kita tidak bisa membedakan, untuk membuktikan apakah karena dampak asap atau faktor debu perlu dibuktikan. Seperti di Kecamatan Tambusai Utara bisa saja faktor debu," jelas Kepala Dinkes Rokan Hulu dr. Bambang Triono, melalui‎ Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Rokan Hulu dr. ‎Darmadi Lubis‎, Senin.

Darmadi mengungkapkan Dinkes Rokan Hulu hanya mencatat laporan penyakit berdasarkan diagnosa seperti di rumah sakit, belum secara total keseluruhan diagnosa penyakit dampak dari asap Karlahut.

Darmadi mengungkapkan per 22 September 2019,‎ penderita ISPA di Kabupaten Rokan Hulu tercatat ada 2.961 kasus, iritasi mata 220 kasus, asma 119 kasus, pneumonia 11 kasus, dan iritasi kulit 95 kasus.

Laporan kasus ISPA terbanyak‎ saat ini dari Puskesmas Kabun sekira 225 kasus, disusul Puskesmas Ujung Batu 220 kasus, Puskesmas Kunto Darussalam 195 kasus, dan Puskesmas Tandun I (satu) 190 kasus.

Darmadi mengaku untuk penanggulangan asap sendiri, sejauh ini Dinkes Rokan‎ Hulu telah melakukan promosi preentif, dengan mengajak segenap masyarakat Rokan Hulu untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Kalaupun terpaksa ada urusan keluar rumah gunakanlah masker,"‎ imbau Darmadi.

Dinkes juga mengimbau masyarakat Rokan Hulu meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),‎ seperti banyak konsumsi air putih, mencuci tangan sebelum makan, serta mencuci buah atau sayuran sebelum dikonsumsi.

‎Selain itu, Dinkes Rokan Hulu sudah beberapa kali membagikan masker ke masyarakat, mengaktifkan Posko Penanggulangan Asap di Puskesmas sekaligus ruang isolasi.

Darmadi mengaku 21 Puskesmas yang ada di Rokan Hulu telah diberi bantuan AC oleh Dinkes Rokan Hulu di musim asap 2015 silam, termasuk oksigen.‎***

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT