Menaikan Asupan Kalori Efektif untuk Reverse Diet?

Sabtu, 21 September 2019 - 23:33:04 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Reverse diet merupakan strategi diet dengan menaikkan asupan kalori secara terkontrol dan bertahap dengan tujuan meningkatkan metabolisme. Reverse diet dinilai efektif untuk menurunkan berat badan. Lantas, bagaimana cara melakukan reverse diet menurut ahli?

Ahli nutrisi Mochammad Rizal dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) mengatakan bahwa penelitian yang membahas tentang reverse diet sendiri masih terbatas. Namun dilihat dari pengalaman orang-orang yang melakukan, reverse diet dinilainya efektif menurunkan berat badan.

Apa yang harus dilakukan pertama kali sebelum melakukan reverse diet yaitu mengetahui asupan kalori saat ini.

"Misalkan 800 kkal per hari. Lalu dari angka tersebut, tambahkan sekitar 50 sampai 200 kkal setiap 1 sampai 2 minggu," jelas Rizal saat dihubungi detikHealth, Sabtu (21/9/2019).

Rizal mengatakan, seseorang dapat melanjutkan menaikkan asupan kalori jika tidak terjadi kenaikan berat badan yang signifikan. Tetapi, berhentilah sementara atau turunkan asupan kalori jika berat badan naik secara signifikan. Lakukan ini sampai anda berada pada angka asupan kalori yang diinginkan tanpa mengalami kenaikan berat badan.

Waktu yang diperlukan tiap orang untuk berhasil melakukan reverse diet berbeda-beda bergantung dari beberapa hal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tergantung berapa banyak kalori yang dikonsumsi saat ini.
2. Tergantung target asupan kalori pasca reverse diet yang diinginkan.
3. Tergantung pada ada tidaknya kenaikan berat badan yang signifikan di tengah-tengah proses reverse diet. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT