Danau Merah Tersembunyi di Pulau Paling Ujung Indonesia

Danau Merah Tersembunyi di Pulau Paling Ujung Indonesia

Metroterkini.com - Tersimpan apik bak tersembunyi. Di pulau tak berpenghuni, ujung selatan, dalam hutan inilah Danau Merah bukti keajaiban Indonesia!

Dilansir dari detikcom, tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) tanggal 20-26 Agustus 2019, menjelajahi Kabupaten Rote Ndao di NTT. Kabupatennya berupa kepulauan dengan total 96 pulau. Namun, hanya 7 pulau yang berpenghuni dengan Pulau Rote sebagai yang paling besar.

Terdapat 10 kecamatan di Rote Ndao. Tiap kecamatan punya potensi dan tempat wisata yang beragam.

Pulau Ndana termasuk salah satu pulau di Kabupaten Rote Ndao. Asal tahu saja, inilah pulau paling ujung selatan Indonesia!

Pulau Ndana hanya dihuni oleh Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar dari kesatuan TNI. Sekitar 34 personil, mereka bertugas untuk menjaga titik terdepan selatan Ibu Pertiwi.

"Pulau ini sejatinya punya banyak tempat yang sangat indah, salah satunya adalah Danau Merah," terang Kapten Marinir Komandan Satgas Pulau Terluar Pulau Ndana, Agus Dwi Wibowo.

Dalam mengikuti kegiatan patroli mereka, kami pun mampir ke Danau Merah. Danau ini lokasinya ada di dalam hutan tepat di tengah-tengah pulaunya.

Kami masuk ke dalam hutan belantara. Kaki pelan-pelan melangkah melintasi semak belukar dan batang-batang pepohonan yang tumbang.

Rasa lelah itu terbayar impas, ketika sampai di pinggiran Danau Merah. Sungguh, danaunya berwarna merah!

"Mungkin, warna merahnya dari algea ya. Tapi, belum ada penelitian lebih lanjut," kata Agus.

Pinggiran danaunya berupa gumpalan garam yang padat. Warna merah dari permukaannya terlihat jelas, apalagi memantulkan bayangan awan di atasnya.

Saya mengambil sedikit airnya dan memang terdapat semacam algea yang sangat banyak. Danaunya pun cukup luas.

"Mungkin ini lagi kering, tapi kalau hujan mungkin bisa lebih banyak debit airnya," terang Agus.

Saya mengelilingi danaunya. Rasanya bak terhipnosis. Danau Merah ini bagaikan fenomena alam yang sungguh luar biasa indah.

Suasananya begitu sunyi. Kicauan burung terdengar jelas, langit biru bersih dan warna merah dari danaunya berpadu dengan hutan hijau di sekelilingnya.

Rote, kau sungguh tiada dua. Bukti Indonesia, sangat indah sampai di bagian selatannya!
 

Berita Lainnya

Index