Facebook Berbagi Tips Amankan Akun Media Sosial

Ahad, 15 September 2019 - 23:51:22 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com  - Masalah keamanan dan privasi dianggap sebagai 'momok' terbesar bagi Facebook. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk memberikan edukasi kepada para pengguna betapa pentingnya menjaga privasi akun mereka.

Untuk meningkatkan kesadaran menjaga keamanan media sosial secara proaktif, raksasa teknologi yang digawangi Mark Zuckerberg merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi privasi pengguna di Facebook.

Lindungi Kata Sandi

Facebook menganjurkan pengguna untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk layanan media sosial hingga surel (email). Hindari pengguna nama atau kata yang umum untuk kata sandi. Anda bisa menggunakan enam karakter kombinasi angka, huruf, tanda baca, simbol, dan huruf kapital agar semakin sulit ditebak.

Jangan pernah bagikan akses log in

Pelaku kejahatan di internet bisa saja membuat website palsu yang mirip Facebook dan meminta Anda untuk login menggunakan email atau kata sandi. Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa URL situs tersebut sebelum memasukan informasi login. Jika ragu, ketikkan nama media sosial yang hendak diakses di mesin peramban (browser).

Pastikan keluar dari akun medsos

Saat menggunakan komputer atau WiFi publik, pastikan Anda keluar (log out) dari akun media sosial. Jika mengakses Facebook, Anda bisa membuka menu 'pengaturan keamanan' - 'di mana Anda masuk' - pilih 'keluar' untuk melihat aktivitas log in dari perangkat yang tak dikenal.

Jangan asal menerima permintaan pertemanan

Selain membuat situs palsu, pelaku penipuan juga kerap membuat akun media sosial palsu untuk mengajukan permintaan pertemanan kepada sasaran mereka di media sosial. Saat menerima permintaan pertemanan pelaku, maka Anda akan dibanjiri unggahan atau pesan spam yang berbahaya.

Hati-hati dengan peranti lunak berbahaya

Pastikan Anda mempelajari tanda-tanda jika komputer atau perangkat yang dipakai untuk mengakses media sosial terinfeksi virus. Atau Anda sebaiknya mengetahui cara menghapus peranti lunak yang berbahaya. Pastikan Anda menggunakan aplikasi atau mesin peramban versi terbaru atau hapus add-on browser saat mengakses media sosial.

Jangan klik URL mencurigakan

Hindari asal klik URL yang dibagikan oleh teman atau orang yang Anda kenal di media sosial atau surel. Pengguna Facebook tak jarang berbagi tautan di unggahan mereka. Facebook menegaskan tidak pernah meminta kata sandi pengguna melalui surel. [mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT