PSSI Buka Pendaftaran Bakal Calon Ketua 

Kamis, 12 September 2019 - 21:54:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - PSSI resmi membuka pendaftaran bakal calon ketua umum per hari ini, Kamis (12/9). Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan ketua umum PSSI 2019-2023 bakal digelar pada 2 November mendatang.

Pembukaan pendaftaran itu diungkapkan Syarif Bastaman selaku Ketua Komite Pemilihan PSSI pada konferensi pers di Garuda Store, Kamis (12/9). Komite pemilihan juga memberikan tahapan-tahapan agenda sampai dengan kongres pemilihan digelar.

"Pendaftaran calon ketua umum, wakil ketua umum dan exco dibuka mulai 12 September sampai 3 Oktober. Pemberitahuan kekurangan dokumen jika diperlukan pada 30 September-6 Oktober. Kandidat diminta melengkapi keperluan data jika perlu pada 1-8 Oktober," kata Syarif di hadapan wartawan.

Selanjutnya dituturkan Syarif, pengumuman kandidat sementara dilakukan pada periode 9-13 Oktober. Disusul kesempatan banding bagi para bakal calon (remedial action) pada 10-16 Oktober.

Pengumuman hasil banding dilakukan pada 18 Oktober. Sedangkan pengumuman calon ketua umum PSSI ada pada 23 Oktober.

Komite pemilihan juga menjadwalkan agenda kampanye bagi para calon ketua umum pada 24-31 Oktober 2019. Kampanye diawali dengan penyampaian visi-misi tentang program yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan PSSI supaya calon ketua umum nantinya bisa sejalan dengan apa yang bakal dikerjakan.

"Kami tidak ingin kepengurusan baru nantinya mundur kembali ke belakang. Kalau begitu kita tidak berkembang maju. Secara ofisial program yang disusun sudah disupervisi sudah disetujui AFC dan FIFA," Syarif menjelaskan.

Syarif menuturkan, komite pemilihan memperketat persyaratan bagi calon ketua umum PSSI. Salah satunya penambahan surat pernyataan berupa pakta integritas soal sepak bola.

Pakta integritas dibuat dengan maksud untuk menyelamatkan muruah organisasi supaya mendapatkan sosok yang cocok menduduki pucuk tertinggi organisasi sepak bola di Indonesia.

Di samping pakta integritas, ada juga surat keterangan tidak pernah dipidana yang dikeluarkan pengadilan. Pengecekan dari komite disiplin terkait kejadian di dalam dan di luar lapangan juga diberlakukan komite pemilihan.

"Mereka kami minta kesanggupan menyesuaikan, memahami, menyetujui, dan memiliki kemampuan untuk menyukseskan program PSSI yang sejalan dengan program FIFA dan AFC," sebut Syarif.

"Rasanya kami sudah menyiapkan jaring yang cukup ketat supaya bisa menemukan orang terbaik untuk PSSI. Saya kira bangsa kita dahaga berita baik. Kalau PSSI bisa berikan berita baik, yaitu prestasi, dahaga bangsa bisa terobati," ucap Syarif melanjutkan. [cnn-mer] 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT