40 Anggota DPRD Inhu Dilantik dan Disumpah

Senin, 09 September 2019 - 16:02:19 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com -  40 anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, dilantik dan diambil sumpah, pada Senin (9/9/2019) hasil Pemilu 2019.

Pengucapan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD, dibacakan Ketua Pengadilan Negeri Rengat, Darma Indo Damanik,SH, M.Kn di bawah kitab suci Al qur’an yang berlangsung di aula DPRD Inhu, Senin (09/9) dan disaksikan seluruh pengunjung dan lapisan masyarakat, serta unsur yang ada di Inhu.

Hadir Bupati Inhu H.Yopi Arianto, SE, Wakil Bupati H.Khsirizal, Sekda Kabupaten H.Hendrizal, dan unsur Forkopimda Inhu.

Bupati Inhu H.Yopi Arianto, yang membacakan sambutan Gubernur Riau, mengucapkan alhamdulilah pelantikan telah terlaksana dan Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Riau mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu 2019 - 2024.

"Selamat mengemban amanah secara jujur, adil, serta penuh integritas, dan semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua," katanya.

Masih dalam sambutanya, bahwa pelaksanaan pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu sebagaimana kita selenggarakan saat ini, merupakan amanat pasal 156 dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, bahwa anggota DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Indragiri Hulu.

Tambahnya, dimana pemilihan umum yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2019 ini, telah dilalui bersama. Sebagaimana ketahui bersama, betapa rumitnya proses pemilu serentak dengan meninggalkan banyak catatan dalam prosesnya, baik catatan positif maupun negatif yang kita dapatkan dan membutuhkan penyempurnaan lebih lanjut untuk penyelenggaraan pemilu selanjutnya.

"Namun secara keseluruhan proses pemilu tersebut, telah dapat kita lalui dengan baik, hingga sampailah kita pada tahap pelantikan anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu saat ini. Semoga catatan-catatan tersebut bisa menjadi bahan evaluasi dalam membangun demokrasi dan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi di masa yang mendatang,” harapnya.

Dari jumlah 40 anggota dewan yang dilantik dan diambil sumpahnya, dengan rincian wajah baru 27 orang dan lama 13 orang, totol 40 orang. Meskipun Aula DPRD Inhu dihadiri banyak pengunjung masyarakat. Bahkan, undangan yang hadir pun harus berdesakan saat menyaksikan sidang paripurna istimewa tersebut.

Usai pelantikan berlangsung segenap jajaran pemerintah daerah, Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, OPD, tokoh masyarakat dan undangan yang hadir menyalami anggota DPRD yang baru saja dilantik untuk memberikan selamat.

Selanjutnya, anggota DPRD akan menjalankan tugas sesuai peran dan fungsinya yaitu, legislasi, penganggaran dan pengawasan dalam mewujudkan sinergisitas pembangunan daerah Kabupaten Inhu.

Dimana pimpinan sementara, Daniel Eka Perdana dari partai golkar, dan wakil di jabat Masyurullah,SP dari PKB hingga menunggu adanya keputusan tatib dewan nantinya. [frasetia]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT