Minum Saffron Bisa Hilangkan Stress dan Nyeri Haid

Selasa, 03 September 2019 - 19:39:36 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Minum saffron kini jadi tren gaya hidup sehat terbaru. Demi mendapatkan tubuh yang sehat, para pecinta obat-obatan tradisional yang alami, membuat minuman dari beberapa helai saffron.

Saffro jika dikonsumsi menjadi minuman tidak menimbulkan rasa tertentu. Rasanya seperti minum air mineral biasa. Manfaat safron untuk ibu menyusui, salah satunya membantunya mengatasi stres. 

"Kandungan yang ada di safron itu banyak, yaitu mengandung anti oksidan, membantu meredakan stres apalagi buat ibu-ibu menyusui yang rentan stres itu kan sangat membantu, dan antitussive alami cocok untuk meredakan batuk. Pokoknya salah satu superfood," tuturnya selebgram Citra Ayu Mustika.

Setelah tiga bulan minum safron, Citra mengaku merasakan pola tidurnya menjadi lebih teratur. "Awal saya minum safron, tidur saya merasa sangat pulas. Karena saya seorang insomnia dan sangat membantu pola tidur saya," jelasnya, belum lama ini.

Ibu dari dua orang anak ini menambahkan, sebelumnya ia sudah tidak haid selama sepuluh bulan karena memakai KB spiral. Tapi setelah sebulan ia rutin minum air yang sudah direndam saffron, dia kembali datang bulan hingga saat ini siklus haidnya menjadi teratur. 

Serupa dengan Citra, Putri Arishandy juga sebelumnya mengalami sulit tidur. Namun setelah enam bulan minum saffron, wanita yang berprofesi sebagai chef itu merasakan manfaat deri rempah berharga mahal tersebut. 

"Setelah enam bulan aku rutin minum safron itu bisa menyembuhkan asmaku, aku juga jadi gampang tidur, udah mau sakit minum safron besoknya udah mendingan," ujar Putri.

Safron rupanya juga mempunyai manfaat bagi kecantikan. Seperti pengalaman dari Raima Wulandari yang akrab disapa Rara. Ia mengaku memiliki tipe kulit wajah yang gampang jerawatan. Tapi semenjak enam bulan rutin minum safron wajahnya menjadi bersih dari jerawat. Dan juga dia merasa jika nyeri di perutnya saat haid menjadi berkurang.

"Efek yang paling berasa lagi sekarang saat sedang menstruasi, saya tidak pernah sakit lagi seperti dulu. Biasanya kalau PMS pasti seharian tidak bisa beraktivitas," ucapnya.

Selain itu kata Rara, manfaat minum saffron juga dirasakan oleh ibunya. Sebelumnya sang ibu sulit buang air besar setelah menjalani operasi pengangkatan kelenjar empedu. Tapi semenjak rutin minum saffron buang air besar sang ibu menjadi lancar dan bekas luka pun menjadi lebih cepat mengering. 

Dalam dunia kesehatan, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono Msc, seorang dokter ahli gizi menjelaskan bahwa saffron memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

"Saffron manfaatnya bisa sebagai anti kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan anti mutasi gen. Manfaat kesehatan tersebut karena kandungan senyawa-senyawa yang tergolong dalam karotenoid atau pro vitamin A," jelas dokter yang akrab disapa Dr. Tati. [***] 
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT