Inilah Keutamaan Puasa di Bulan Muharram

Ahad, 01 September 2019 - 15:32:00 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Di bulan Muharram, umat muslim dianjurkan untuk melakukan puasa Asyura. Apa itu puasa Asyura dan kapan dilakukan?

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang mulia dalam kalender Hijriyah selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Rajab. Di bulan-bulan tersebut, manusia dilarang menzalimi diri sendiri dan melakukan perbuatan dosa.

Puasa Asyura ialah puasa yang dijalankan pada bulan Muharram yang jatuh pada tanggal 10. Hukum puasa Asyura adalah sunah, tetapi puasa ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, sebagaimana sabdanya:

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

Tata cara puasa Asyura adalah dengan membaca niat puasa dimalam hari sama halnya seperti kita menjalankan puasa Ramadan.

Keutamaan Puasa Asyura

Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.

Manfaat Puasa Asyura

1. Dapat menghilangkan racun di dalam tubuh
2. Menyehatkan sistem pencernaan
3. Puasa Asyura setara dengan puasa satu tahun
4. Tubuh akan merasa dekat dengan Allah SWT
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT