Ilmuwan Temukan Planet Alien, Tiga Kali Ukuran Jupiter

Kamis, 29 Agustus 2019 - 20:16:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Para ahli astronomi baru saja menemukan sebuah planet di luar Tata Surya kita yang dianggap sebagai 'planet alien'. Benda antariksa yang diberi nama HR 5183 b itu memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari Jupiter.

Selain ukuran, astronom juga mengetahui pola orbit planet alien itu. Mereka menyebutnya mengitari bintang inang membentuk elips, seperti dilansir dari Space.com, Kamis (29/8/2019). 

"Planet ini tidak seperti planet-planet di tata surya kita, tetapi lebih dari itu, tidak seperti planet ekstrasurya lain yang telah kita temukan sejauh ini," kata Sarah Blunt, seorang mahasiswa pascasarjana di Institut Teknologi California (Caltech). Blunt merupakan penulis utama dari studi baru yang mengumumkan keberadaan HR 5183 b.

Tambah Blunt, planet lain yang terdeteksi jauh dari bintang inang cenderung memiliki orbit yang lebih bundar dibanding planet alien itu. HR 5183 b mengorbit bintang yang terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

Blunt dan koleganya menemukan planet ini menggunakan metode kecepatan radial , yang mencari tarikan gravitasi yang diberikan dunia pada bintang inangnya.

Sebetulnya, tim peneliti telah mengamati bintang inang dari planet alien itu sejak 1990-an. Beberapa teleskop digunakan. Namun, piranti-piranti itu tiak cukup mampu untuk menangkap orbit dari planet alien itu.

Kabar baik, para astronom akhirnya dapat benar-benar mengonfirmasi keberadaan HR 5183 b yang ditemukan dari metode kecepatan radial.

Planet alien ini memiliki aktivitas yang unik.

"Planet ini menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berkeliaran di bagian luar sistem planet bintangnya di orbit yang sangat eksentrik; kemudian, ia mulai berakselerasi dan bergerak seperti ketapel di sekitar bintangnya," kata anggota tim studi Andrew Howard, seorang profesor astronomi di Caltech.

"Kami mendeteksi gerakan ketapel ini," Howard menambahkan. "Kami melihat planet ini masuk, dan sekarang sedang dalam perjalanan keluar. Hal itu menciptakan kekhasan yang sangat berbeda sehingga kami dapat yakin bahwa ini adalah planet yang nyata, meskipun kami belum melihat orbit yang lengkap."

Keberadaan planet alien HR 5183 b ini seolah memperkuat kebenaran kosmik: Galaksi Bima Sakti yang kita huni dipenuhi dengan berbagai planet yang mengejutkan.

Dalam galaksi itu terdapat dunia dengan tiga bintang induk. Di salah satu bintang terdapat Jupiter yang gagah, mengelilingi Matahari hanya dalam beberapa hari Bumi.

Namun di saat yang sama, terdapat HR 5183 b yang meskipun memiliki besar tiga kali Jupiter, tapi tetap butuh puluhan tahun untuk menyelesaikan satu putaran.

Studi tentang planet lain yang memiliki ukuran tiga kali besar Jupiter ini akan muncul di The Astronomical Journal. [***]

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT