Inilah Cara Hilangkan Jerawat Tanpa Obat 

Inilah Cara Hilangkan Jerawat Tanpa Obat 

Metroterkini.com - Sekitar 85 persen orang di dunia pernah alami jerawat. Setidaknya beberapa kali. Jerawat yang sesekali muncul mungkin tak menimbulkan masalah, namun bila jerawat rutin datang, tak sedikit orang yang menggunakan obat jerawat sebagai solusi 'cepat' hilangkan jerawat.

Sayangnya, dari sekian banyak obat jerawat di luar sana, hanya sedikit yang secara ilmiah dapat menuntaskan jerawat. Bahkan tak sedikit obat jerawat yang justru menimbulkan efek samping.

Efek samping obat jerawat oles yang paling umum ialah kulit kering. Sejumlah obat jerawat minum juga dinilai tidak aman karena dapat mengganggu pertumbuhan janin pada ibu hamil.

Alasan itulah yang akhirnya membuat orang banyak beralih pada metode alami sebagai cara hilangkan jerawat. 

Berikut 4 solusi alami yang terbukti menuntaskan jerawat dengan cepat, mengutip Healthline.

1. Minyak pohon teh

Tea tree oil atau minyak pohon teh merupakan minyak alami yang diekstrak dari daun pohon melaleuca alternifolia yang tumbuh di Australia. Minyak ini terkenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan kulit dan melawan bakteri P. acnes dan S. epidermis, dua bakteri yang menyebabkan jerawat.

Sebuah studi mendapati bahwa lotion perawatan yang mengandung 5 persen tea tree oil hampir 6 kali lebih efektif kurangi keparahan jerawat ketimbang obat bebas yang belum teruji. Dalam penelitian lain, lotion tersebut juga sama efektifnya dengan lotion yang mengandung 5 persen benzoil peroksida, yaitu kandungan umum pada obat jerawat .

2. Minyak esensial

Beberapa minyak esensial memiliki khasiat antiradang dan antibakteri yang hampir sama dengan tea tree oil. 

Sebuah tinjauan ilmiah menemukan, minyak alami dari kayu manis, mawar, lavender dan cengkeh dapat melawan dua bakteri penyebab jerawat. Bahkan, minyak cengkeh lebih efektif dan lebih cepat hilangkan jerawat ketimbang benzoil peroksida.

Namun, karena minyak umumnya pekat, baik tea tree oil maupun minyak esensial lain, sebaiknya Anda tak mengoleskan langsung ke wajah. Campur dahulu dengan beberapa tetes air hangat, lalu oleskan pada jerawat dengan kapas.

3. Teh hijau

Air seduhan daun teh hijau ternyata tak hanya bisa diminum untuk mendapatkan sederet manfaat sehat. Ramuan teh hijau tersebut juga bisa menjadi cara hilangkan jerawat dengan alami, yaitu dengan dioleskan ke wajah yang berjerawat.

Kandungan flavonoid dan tanin pada teh hijau dikenal sebagai agen pelawan peradangan serta bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCH telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit yang cenderung berjerawat.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau secara signifikan dapat mengurangi produksi minyak di wajah dan membuka pori-pori. Pori-pori yang tersumbat bisa menjadi awal munculnya jerawat.

4. Lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera kini tengah menjadi primadona yang hadir di banyak produk perawatan kulit. Khasiat utamanya untuk menuntaskan masalah kulit berupa ruam, luka, dan luka bakar.

Walau belum banyak studi yang mengungkap tentang efek langsung lidah buaya untuk menghilangkan jerawat, namun kandungan lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, asam cinnamonic, fenol dan belerang pada lidah buaya, cukup efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Setidaknya, lidah buaya dapat Anda andalkan untuk mencegah timbulnya jerawat. [***]
 

Berita Lainnya

Index