Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Pengguna Hijab

Senin, 26 Agustus 2019 - 15:16:30 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pakai hijab seharian sering kali bikin rambut rontok dan cepat rusak. Gimana ya cara yang efektif untuk mengatasi rambut rontok?

Hal yang paling bikin sedih adalah kalau lihat rambut rontok akibat pakai hijab dari pagi sampai malam hari. Sampai saat ini saya pun masih sering mengalami rambut yang rontok hampir setiap saat. Rontok satu dua helai aja rasanya sedih, apalagi kalau sedang parah rusaknya karena nggak sempat memperhatikan hair care sama sekali.

Nah, biasanya saya melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menolong kondisi rambut dan kulit kepala supaya nggak rusak dan mudah rontok walaupun berhijab. 

1.Kenakan hijab setelah rambut benar-benar kering
Rambut yang masih lembab setelah keramas dan langsung dipakaikan kerudung bisa membuat kondisi kulit kepala terlalu lembab. Tingginya kadar kelembaban ini yang akhirnya menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Makanya saya membiasakan untuk keramas di malam hari agar di pagi hari nggak harus repot pakai hair dryer atau menunggu rambut kering terlalu lama.

2.Keramas dan menggunakan conditioner lebih teratur

Satu atau dua hari sekali saya selalu keramas dan diikuti menggunakan conditioner Pantene 3 Minute Miracle yang varian Hair Fall Control atau Total Damage Care. Conditioner ini wajib digunakan untuk memberikan nutrisi lebih ke bagian batang rambut supaya lebih kuat dan nggak gampang patah. Rambut yang sering tertutup hijab dan diikat membutuhkan perawatan lebih ekstra dari sekedar keramas. Jadi jangan malas ya untuk pakai conditioner.

3. Gunakan hair vitamin atau hair serum
Selain kondisioner, kamu bisa juga menggunakan vitamin atau serum rambut supaya rambut lebih sehat. Biasanya penggunaan hair vitamin ataupun hair serum nggak perlu terlalu sering, bisa 1-2 kali saja dalam seminggu. Kedua produk perawatan rambut ini berfungsi memperbaiki kondisi rambut yang mungkin terlalu kering, berminyak, atau akar rambut yang kurang kuat.

Hair serum yang biasanya saya gunakan adalah Matrix Biolage Aminexil Scalpsync Therapy Anti Hair Loss. Produk dari Matrix Biolage ini klaimnya membantu memperpanjang usia rambut dan mengurangi kerontokan. Bahkan kalau digunakan secara rutin dalam 1-2 bulan saya notice banyak baby hair yang baru tumbuh lho di area hairline.

4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Buat hijabers yang senang bentuk hijab dengan cepol kayak saya, memang susah sih untuk nggak mengikat rambut dengan kencang supaya bentuk kerudung nggak berantakan. Tapi kamu pasti udah tahu kan kalau salah satu penyebab utama rambut rontok adalah karena kita mengikat rambut terlalu kencang? Karena ikat rambut yang nggak nyaman dan cara mengikat rambut yang terlalu kencang bisa menyebabkan bagian rambut jadi trauma dan mudah patah.

Kalau kamu merasa perlu mengikat rambut secara proper, kamu bisa mencoba menggunakan hair scrunchie dibanding ikat rambut dengan bahan lainnya. Scrunchies are way less likely to cause breakage dan nggak bikin pusing karena ikatan rambut yang terlalu “narik”. Sudah banyak banget kok online shop hijab yang menjual hair scrunchie ini dan harganya pun terjangkau.

5. Jangan mengikat rambut terlalu lama
Terakhir, coba sering-sering untuk membuka ikatan rambut jika sempat. Misalnya setiap sedang sholat,  10-15 menit istirahat dari kunciran rambut bisa bikin rambut kamu jauh lebih baik kondisinya. Selain itu, saat sedang berada di rumah biarkan rambut tergerai tanpa menggunakan kunciran ataupun jepitan rambut.
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT