Grebeg Suro Ponorogo, Politikus PDIP Ikut Menari

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:52:44 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Rangkaian Grebeg Suro yang merupakan kegiatan rutin tahunan masyarakat Kabupaten Ponorogo, Jatim saat ini sedang dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Ponorogo.

Istimewanya lagi pada saat pembukaan perayaan Grebeg Suro dan Festival Budaya Bumi Reyog Platform Indonesiana Kabupaten Ponorogo Tahun 2019, Rabu (21/8/2019) malam diwarnai banyak kejutan.

Kegiatan yang dilangsungkan di Panggung Utama Alon-Alon Ponorogo itu disuguhkan pentas tari reyog kolosal Tempo Doeloe hingga era Zaman Now. "Untuk tahun ini nuansanya lain. Pyur cerita reyog Ponorogo dan perkembangannya. Dari obyok hingga model festival," beber Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni didampingi isterinya yang terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Partai Nasdem,  Hj. Sri Wahyuni saat membuka rangkaian Grebeg Suro. 

Yang membedakan lagi dengan Grebeg Suro sebelumnya adalah pada acara pembukaan panitia sengaja menampilkan tari Jathil Tempo Doeloe yang dimainkan penari Jathil laki-laki.  Tidak hanya seniman,  tetapi salah satu Anggota DPRD Ponorogo, Agung Priyanto serta Guru SMP Negeri 1 Jetis, Sudirman ikut menjadi Penari Jathil. 

Agung Priyanto yang merupakan politikus PDIP mengaku bersyukur bisa manggung atau pentas lagi. "Menari Jathil kembali Setelah vakum 32 tahun terakhir menari waktu ikut Festival Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 1987 serta mewakili PB Kota. Mari kita lestarikan seni Reyog Ponorogo kita, ajak generasi muda untuk mencintai budaya adiluhung warisan para leluhur," tutur Agung. [nur]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT