Intel Pamer Prosesor Anyar Bernama Comet Lake

Kamis, 22 Agustus 2019 - 18:52:41 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Intel memperkenalkan jajaran prosesor barunya, melengkapi lini generasi ke-10 yang bernama Comet Lake.

Ada delapan prosesor generasi ke-10 yang dipamerkan Intel, dan semunya menggunakan pabrikasi 14nm, bukan 10nm seperti seri Ice Lake. Meski ini bukan hal yang buruk, namun tentu hal ini cukup membingungkan, karena biasanya prosesor yang lebih baru mempunyai pabrikasi yang lebih kecil.

Namun untuk Comet Lake, beberapa di antara prosesor baru itu malah lebih kencang ketimbang Ice Lake, utamanya adalah Core i7-10710U, yang merupakan prosesor seri U pertama yang mempunyai 6 core. Prosesor itu punyai 12 thread dan clock speed yang lebih kencang ketimbang sejumlah lini prosesor Ice Lake.

Namun tetap saja chip 14nm ini tak akan mempunyai keunggulan yang dimiliki oleh chip 19nm, utamanya soal efisiensi baterai yang lebih rendah.GPU yang disertakan di dalamnya pun bukan Intel Gen11 yang diklaim punya performa cukup mulus untuk bermain game di resolusi 1080p.

Prosesor seri U anyar ini akan mendukung penggunaan memori LPDDR4x yang kencang unutk laptop. Jadi, seharusnya tak ada lagi alasan pabrikan laptop untuk menggunakan memori DDR3 di produk buatannya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (22/8/2019).

Lalu seri prosesor ini juga mendukung penggunaan Thunderbolt 3 dan WiFi 6 terbaru. Sebagian dari prosesor anyar ini pun akan digunakan di laptop yang berlabel Project Athena, yaitu laptop dengan standardisasi tertentu, salah satunya punya ketahanan baterai selama sembilan jam. [int-mer]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT