Ini Cara Perayaan Idul Adha di Beberapa Negara Arab

Jumat, 09 Agustus 2019 - 16:35:39 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Umat Islam di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada Minggu (11/8/2019). Idul Adha jatuh pada 11 Agutus 2019 seperti yang telah ditetapkan pemerintah melalui sidang isbat pada 1 Agustus 2019. Di beberapa negara Arab, ada sejumlah perayaan yang biasa dilakukan saat Idul Adha. 
1. Arab Saudi Seperti halnya di Indonesia, umat Islam Arab Saudi berkumpul untuk melakukan penyembelihan hewan kurban setelah menunaikan sholat Idul Adha. Masakan yang diolah dari daging kurban disajikan untuk sarapan seluruh anggota keluarga. Masing-masing daerah di Arab Saudi memiliki makanan wajib yang harus tersaji ketika Idul Adha, seperti Hamees di Riyadh. Hamees adalah makanan rakyat yang terdiri dari daging dan hati yang dimasak dengan bawang, tomat, dan bumbu rempah. Seusai menyantap sarapan, mereka saling berkunjung ke rumah keluarga dan memberi hadiah kepada anak-anak. Acara kemudian dilanjutkan setelah shalat Maghrib. Umat Islam berkumpul dalam satu tenda besar untuk menikmati permainan dan musik rakyat dengan sajian kue, kurma, dan kacang. 

2. Maroko 
Perayaan Idul Adha di Maroko merupakan salah satu yang paling unik di antara negara Arab. Untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, para pemuda di Maroko mengenakan pakaian wol hingga menyerupai seperti kambing dalam Karnaval Boujloud. Mereka juga menghiasai wajah mereka dengan bermacam gambar yang unik. Rombongan pemuda ini kemudian berjalan mengelilingi gang-gang di setiap distrik dan diikuti oleh warga sekitar dengan suka cita. Setelah melaksanakan shalat Idul Adha, umat Islam Maroko berkunjung ke setiap rumah untuk mengucapkan selamat. Mereka juga menyajikan kue-kue dan makanan ringan sebagai sajian untuk pengunjung yang datang ke rumah mereka. 

3. Aljazair Umat Islam di Aljazair memiliki tradisi yang tidak kalah unik dibanding negara Arab lain. Mereka menghiasi hewan kambing kurban dengan hena di kepala. Sebelum disembelih, kambing-kambing yang telah dihiasi dengan hena itu diadu terlebih dahulu dengan kambing kurban yang lain. 

4. Mesir Umat Islam Mesir menyambut Hari Raya Idul Adha dengan membeli pakaian baru dan menghiasi rumah mereka agar terlihat lebih cantik. Saat Hari Raya, mereka lebih banyak menggunakan lapangan atau tanah kosong untuk melakukan shalat Idul Adha. Setelah menunaikan shalat, mereka kemudian saling berkunjung ke rumah keluarga dan tetangga. Makanan wajib bagi umat Islam Mesir ketika Idul Adha adalah fatteh dan Tsarid. [**kompas]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT