Cara Membuat Sate Agar Lebih Empuk dan Lezat

Kamis, 08 Agustus 2019 - 19:52:49 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Idul Adha memang masih cukup lama. Tapi tak ada salahnya untuk menyiapkan segala halnya demi menyambut hari penuh berkah tersebut. Siapkan juga bumbu-bumbu dapur yang lengkap sebagai bumbu untuk memasak daging di Hari Raya Idul Adha.

Bicara mengenai masakan daging, salah satu masakan dari daging yang digemari banyak orang karena rasanya yang lezat adalah sate. Sate bahkan menjadi salah satu masakan dari 100 masakan paling lezat dunia.

Berencana memasak sate di Hari Raya Idul Adha atau di waktu dekat? Kali ini Fimela punya cara memasak sate agar dagingnya lebih empuk, juicy dan bumbu meresap hingga ke dalam.

Pastikan untuk memilih daging yang masih fresh. Pilih juga daging kambing atau sapi yang didapat dari kambing atau sapi berusia muda. Jika pun mendapat daging yang memang alot, bungkus daging dengan daun pepaya atau jambu biji. Tambahkan juga parutan buah nanas di bumbu untuk membaluri sate.

Memotong Daging

Usahakan agar tidak sembarangan dalam memotong daging. Potong daging secara melintang pada serat daging. Potong dengan ketebalan 1 sampai 2 cm. Sebelum daging dipotong, pisahkan lemak dan urat di permukaan daging.

Menusuk Daging

Selanjutnya adalah menusuk daging. Gunakan tusukan daging atau sate yang terbuat dari bambu atau besi. Bila menggunakan tusukan dari bambu, panggang sebentar tusukan sate agar lebih kuat dan keras. Tusukan sate juga bisa direndam di dalam air untuk melembabkannya dan membuatnya lebih alot.

Bumbui Sate

Setelah daging siap, bumbui daging yang telah ditusuk dengan sate. Rendam daging di dalam bumbu selama beberapa waktu agar bumbu lebih meresap. Sate yang menyatu dengan bumbu akan lebih empuk dan enak rasanya. Oleskan juga bumbu sate ke sate selama sate dibakar.

Bakar sate dengan bara api yang membara. Membakar sate ini bisa menggunakan bara dari arang, batok kelapa dan kayu. Jika membakar di wajan, teflon atau pemanggang listrik, olesi alat-alat tersebut dengan minyak agar sate tidak lengket saat dibakar. Untuk sate yang dibakar di atas bara api arang juga bisa diolesi dengan minyak agar rasa sate lebih gurih dan menggugah selera.

Itulah cara agar sate lebih empuk dan enak. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT