Ini Manfaat Bekam dan Metode yang Perlu Diketahui

Kamis, 08 Agustus 2019 - 19:38:57 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bekam merupakan salah satu terapi pengobatan alternatif tertua yang pernah ada di dunia dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bekam merupakan praktik pengobatan tradisional yang telah sering dilakukan di beberapa tempat termasuk China dan Timur tengah.

Cara kerja pengobatan alternatif ini menggunakan sebuah alat khusus yang berbentuk seperti cawan akan menghisap lapisan kulit dan lemak dari otot, dan terkadang bahkan juga bisa memindahkan lapisan otot satu sama lain. Dari beberapa bagian tubuh yang sering digunakan dalam proses bekam, ternyata manfaat bekam di kepala baik untuk kesehatan.

Manfaat bekam di kepala dipercaya sebagai titik terbaik dalam praktek bekam. Akan tetapi, metode bekam pada kepala ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena ada beberapa titik saraf yang harus diketahui dalam menjalankan bekam di kepala ini.

Dilansir dari Liptuan6.com, Kamis (8/8/2019) tentang manfaat bekam di kepala antara lainya :

Metode Bekam

Bekam atau Chupping Therapy merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berdasarkan tekniknya, bekam dibedakan menjadi 2 jenis yaitu bekam basah dan bekam kering.

Bekam basah melibatkan sayatan tipis di permukaan kulit, yang akan membuat darah pekat keluar akibat tekanan pada kop. Para terapis menyebutnya darah kotor.

Sementara bekam kering dilakukan tanpa sayatan. Kop diletakkan begitu saja di atas kulit, lalu disedot agar tekanannya negatif sehingga permukaan kulit yang tertutup kop seperti tertarik.

Baik bekam basah maupun kering, keduanya meninggalkan bekas lingkaran berwarna ungu kehitaman. Dalam prakteknya, metode ini menggunakan peralatan yang sangat sederhana, yaitu plastik atau kop dan sebuah pompa vakum.

Saat ini sejumlah negara Barat terus melakukan penelitian ilmiah terkait dengan manfaat bekam. Namun seiring dengan hal itu, perkembangan metode itu melesat sehingga muncullah ahli dan klinik bekam di beberapa negara seperti AS dan Inggris.

Manfaat Bekam

Dalam buku, Ad Dawa'ul-Ajib yang ditulis oleh ilmuwan Suriah, Muhammad Amin Syaikhu, setidaknya terdapat sejumlah manfaat bekam, yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan jumlah asam urat, menaikkan tekanan darah dalam kasus darah rendah, menurunkan kadar gula darah, serta mengeluarkan eritrosit yang mengganggu kinerja sel lain.

Pada kasus bekam yang dijalani para atlet, terdapat sedikit klaim mengenai manfaat terapi itu. Sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One mengulas 135 praktek bekam sepanjang 1992 -2010 menyimpulkan bahwa metode pengobatan ini berpotensi menyembuhkan herpes zoster, jerawat, kelumpuhan wajah, dan cervical spondylosis (ausnya jaringan-jaringan dan tulang di leher sehingga menyebabkan nyeri leher dan kepala) -- meski ini bukan kondisi mutlak yang dialami atlet.

Namun sekalipun manfaat fisik terkait metode pengobatan ini belum ditemukan para ilmuwan sependapat bahwa bekam tidak berbahaya untuk dilakukan. Hal tersebut penting untuk ditegaskan mengingat sejumlah orang termasuk atlet percaya dengan teknik-teknik di luar dunia kedokteran sehingga ini menjadi semacam efek plasebo.

Beberapa yang menjalani metode ini mengklaim telah mengalami peningkatan kondisi fisik dan psikologis.
Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat bekam di kepala akan mengeluarkan darah kotor yang sudah tidak berfungsi dan jika didiamkan maka akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Dengan lancarnya aliran darah, maka gumpalan darah patogen akan hilang dan peredaran darah dalam tubuh akan kembali teratur. Manfaat bekam di kepala salah satunya memang untuk melancarkan peredaran darah, bahkan tidak hanya pada kepala saja.

Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh menjadi salah satu manfaat bekam di kepala. Metode bekam ini akan membersihkan darah dari segala macam racun dan juga sel darah yang sudah mati atau tidak berfungsi. Ini bisa terjadi karena secara umum kesehatan tubuh dipengaruhi oleh kondisi sel darah merah yang juga sehat. Dengan bersihnya darah yang mengalir di dalam tubuh, maka berbagai penyakit bisa dihindari dan kualitas kesehatan tubuh semakin meningkat.

Mengatasi Migrain

Manfaat bekam di kepala selanjutnya adalah dapat mengatasi migrain. Pada area kepala terdapat sekitar 100 titik bekam yang paling baik. Selain itu darah yang keluar saat melakukan bekam kepala ini akan membuat berbagai gangguan di area kepala seperti migrain bisa diatasi dengan baik secara aman tanpa menggunakan bahan kimia. Kamu bisa mendapatkan manfaat bekam di kepala ini dengan melakukannya dengan ahlinya.

Mengatasi Jerawat

Wajah yang berjerawat bisa terjadi karena menumpuknya darah kotor atau mati pada area wajah. Manfaat bekam di kepala salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat. 

Manfaat bekam di kepala membuat penumpukkan darah kotor yang ada di sekitar wajah akan sangat mudah untuk dikeluarkan yang kemudian akan diganti dengan sel darah merah baru sehingga jerawat bisa diatasi dan dicegah untuk timbul kembali.

Masih Dibutuhkan Banyak Penelitian Lanjutan

Meski sudah dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, bekam masih perlu untuk diteliti lebih lanjut agar benar-benar aman dilakukan. Bahkan beberapa ahli masih menentang pengobatan bekam ini. 

Bagi kamu yang ingin mencoba terapi bekam, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau pada ahlinya untuk melakukan hal tersebut. Apalagi bekam ini juga memiliki efek samping bagi tubuh. Jangan sampai kamu melakukan bekam tanpa pengetahuan tentangnya. Selain itu, bila kamu sudah memutuskan untuk melakukan pengobatan ini, lakukan di tempat yang terpercaya dan sudah terjamin. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT