Inilah Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 07 Agustus 2019 - 16:07:26 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Buah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, buah yang memiliki nama latin Cocos nucifera ini tersebar diseluruh wilayah beriklim tropis dan subtropis yang meliputi kawasan Samudera Pasifik hingga pantai tropika diseluruh dunia termasuk di negara kita, Indonesia.

Kelapa disebut sebagai pohon serbaguna bagi masyarakat, karena hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan seperti pada batang kayunya yang digunakan sebagai papan untuk rumah, daun dari kelapa yang dikeringkan juga bisa dimanfaatkan sebagai atap rumah dan juga daun mudanya yang biasa kita sebut sebagai janur, dapat digunakan untuk pembungkus ketupat.

Selain itu juga, tangkai daunnya yang jika dikeringkan, bisa kita gunakan sebagai lidi untuk menyapu. Namun, dari semua kegunaan kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan kita sehari-hari, hal yang paling penting adalah kandungan air dalam kelapa yang ternyata punya banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Kebanyakan air kelapa dapat kita temukan pada kelapa yang masih muda dan berwarna hijau. Kandungannya terdiri dari 94% air dan sedikit lemak dengan berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, potasium dan sodium, selain itu juga air kelapa mengandung vitamin C, protein dan serat yang baik bagi tubuh.

Manfaat Air Kelapa

Berdasarkan kandungan air kelapa yang sudah saya jelaskan diatas, maka saya merangkum 8 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu rajin meminum air kelapa, apa saja itu? simak baik-baik ya...

1. Sumber Nutrisi Yang Baik

Air kelapa telah terbukti sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Menurut sejumlah artikel dalam satu cup air kelapa (240 ml) mengandung 46 kalori yang terdiri dari 10% vitamin C, kalsium 6% of the RDI, serat 3 gram, dan protein 2 gram.

2. Sebagai Antioksidan

Apakah kamu tahu apa itu radikal bebas? radikal bebas merupakan molekul yang tidak stabil yang dihasilkan dalam metabolisme tubuh. Biasanta jumlah radikal bebas dalam tubuh akan meningkat bila tubuh dalam keadaan stress atau mungkin sedang mengalami luka. Nah, radikal bebas ini mengakibatkan sel-sel dalam tubuh akan rusak dan meningkatkan resiko terkena penyakit.

Untuk itu, air kelapa dapat bermanfaat sebagai antioksidan guna melindung sel dari kerusakan akibat radikal bebas jika kita rajin mengkonsumsinya.

3. Dapat Terhindar dari Diabetes

Diabetes merupakan penyakit akibat tingginya kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi air kelapa dapat mencegah kita dari penyakit diabetes. Kandungan magnesium yang terdapat dalam air kelapa mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Selain itu juga air kelapa dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

4. Mencegah dari Penyakit Batu Ginjal

Sebenarnya penyakit batu ginjal dapat dihindari jika kita memperbanyak konsumsi air biasa atau air putih, namun menurut sebuah penelitian air kelapa ternyata lebih baik dari pada air biasa agar kita terhindar dari penyakit tersebut.

Sebagai informasi tambahan untuk kalian, batu ginjal terjadi sebagai akibat dari terkumpulnya kalsium, oksalat dan senyawa lainnya yang mengkristal dalam urin. Beberapa peneliti mempercayai bahwa kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa membantu untuk mengurangi pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung terjadi sebagai akibat kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi air kelapa setiap hari, dapat membuat kadar kolesterol dalam darah kita menjadi turun lhoOh iya, dianjurkan agar mengkonsumsi air kelapa sebanyak 2,7 liter per harinya ya, dan kita akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

6. Mengontrol Tekanan Darah 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi, didapatkan hasil bahwa air kelapa dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan potasium dan kalium yang terdapat dalam air kelapa terbukti dapat mengontrol orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu juga air kelapa memiliki aktivitas anti-tromotik yang berarti dapat mencegah pembentukan gumpalan darah dalam tubuh.

7. Memulihkan Dehidrasi Setelah Olahraga

Bagi kalian yang rajin melakukan aktivitas olahraga, air kelapa sangat cocok lhosebagai minuman untuk memulihkan dehidrasi dan membantu mengisi elektrolit dalam tubuh yang hilang selama berolahraga. Kalian tahu elektrolit kan? yups, elektrolit merupakan mineral seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium yang ada dalam tubuh kita untuk menjaga keseimbangan cairan.

8. Menurukan Berat Badan

Nah, ini merupakan salah satu manfaat yang didapatkan jika kamu rajin mengkonsumsi air kelapa. Ini bukan mitos lho, karena jujur saya juga pernah melakukan hal ini untuk menurukan berat badan saya, dan terbukti memang mujarab. Kandungan air kelapa yang rendah kalori dan karbohidrat dapat menjadikan berat badan pun turun, jadi kamu tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan.

Bagi kalian yang sedang menjalani diet, rajin-rajinlah meminum air kelapa setiap harinya ya. Tapi ingat, saat meminumnya jangan menggunakan tambahan pemanis ya biar hasilnya bisa terlihat. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT