Plt Dirut PLN: Pemadaman Bergilir Hingga Pukul 16.00 Wib

Senin, 05 Agustus 2019 - 12:51:24 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Plt Direktur Utama PT PLN Persero Sripeni Inten Cahyani menyebut pemadaman listrik bergilir akan terjadi hingga Sore ini. Hal ini imbas terjadinya gangguan pada jaringan transmisi yang terjadi sejak Minggu kemarin.

"Sampai dengan siang-sore mohon maaf MLS (manual load shedding) atau (pemadaman) bergilir masih terjadi," kata Inten di Kantor Pusat PLN Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Dia mengaku belum dapat memastikan wilayah mana saja dan berapa jam sekali pemadaman listrik terjadi. Inten menyebut pihaknya menargetkan pasokan listrik kembali normal pada Senin (5/8) malam.

"Mudah-mudahan nanti malam ya (listrik sudah normal), target itu saya mengharapkan nanti jam 16.00 WIB ada dua unit PLTU akan masuk, jadi kira-kira 1.000 MW lalu PLTU-PLTU lainnya yang kapasitas 300 MW akan masuk juga tetapi agak menjelang malam," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menegur para jajaran direksi PT PLN Persero terkait aliran listrik yang mati di hampir seluruh Pulau Jawa. Jokowi heran mengapa backup plan PLN tidak berjalan baik saat pemadaman listrik.

Hal itu dikatakan Jokowi saat bertemu Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan jajaran direksi lainnya di Kantor PLN Pusat Jakarta Selatan, Senin (5/8).

"Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, menurut saya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contigency plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa hal serupa juga pernah terjadi pada tahun 2002 dan seharusnya bisa dijadikan pelajaran. Jokowi pun meminta penjelasan dari Plt Dirut PLN terkait permasalahan pemadaman listrik total di Jabodetabek dan sekitarnya.

"Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan. Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya" jelasnya. [mer]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT