Pelalawan dan Siak Sumbang Asap ke Pekanbaru

Pelalawan dan Siak Sumbang Asap ke Pekanbaru

Metroterkini.com - Sampai saat ini Kota Pekanbaru dan sekitarnya masih diselimuti kabut asap, terutama pagi hari dan sore menjelang malam. Kabut asap di Ibukota Provinsi Riau, ini terlihat semakin pekat, Minggu (4/8/2019). Pagi ini jarak pandang juga terbatas, hanya 3 kilometer.

Bau asap langsung yang sangat kuat menusuk hidung. "Asap makin parah. Baunya makin terasa. Anak-anak tidak saya bolehkan main di luar, biar di kamar saja hidupkan AC," ujar Rina, warga Panam.

Kabut asap dirasakan saat mengantarkan anak sekolah dan berangkat kerja. "Sekarang kemana-kemana pakai masker, takut sakit," ucapnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengatakan, saat ini Pekanbaru memang menjadi salah satu daerah yang diselimuti asap.

"Pagi ini jarak pandang di Pekanbaru 3 Kilometer. Itu disebabkan oleh asap," ujar Prakirawan BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, Minggu (4/8/2019).

Yasir mengatakan dilihat dari titik panas saat ini, ada 2 kabupaten yang berdekatan dengan wilayah Pekanbaru yaitu Pelalawan dan Siak, yang menyumbang asap ke Pekanbaru.

Menurut catatan BMKG, titik api hari ini di Riau paling banyak berapa di Siak dan Inhil, disusul Pelalawan.

"Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua, hari ini titik panas di Riau turun drastis. Hari ini hanya 42 titik," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki. [***]

Berita Lainnya

Index