Plt Bupati Asahan Ucapkan Terima Kasih TNI Manunggal KB

Plt Bupati Asahan Ucapkan Terima Kasih TNI Manunggal KB

Metroterkini.com - Pencanangan TNI KB Kesehatan Kabupaten Asahan Tahun 2019 di Balai Avros PTPN III, Sei Dadap, Asahan, Rabu (31/7/2019).

Dengan tema 'Untuk Mencapai Cakupan Kesehatan Semesta Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB dan Kesehatan di Seluruh Wilayah NKRI'.

Sebagai panitia, Pasiter Kodim 0208 Asahan, Kapten Inf Nazaruddin Panjaitan menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan kegiatan pencanangan program KB Kesehatan tahun 2019 di wilayah Kodim 0208 Asahan.

Dijelaskannya, kegiatan ini dimulai bulan Juni hingga Oktober 2019 dan pada hari ini adalah puncak pencanangan kegiatan TNI manunggal KB Kesehatan tahun 2019.

Pencanangan ini meliputi 8 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sei Dadap, Kecamatan Kisaran Barat, Kecamatan Kisaran Timur, Kecamatan Pulau Bandring, Kecamatan Teluk Dalam, Kecamatan Air Batu, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Tanjung Balai.

Pada pelaksanaan TNI KB Kesehatan ini memiliki target sebanyak 16.482 akseptor, yang saat ini masih 150 akseptor dilaksanakan di RSU Sri Pamela Nusantara Sei Dadap.

Dandim 0208 Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh dalam sambutannya mengatakan program KB Kesehatan merupakan program kerjasama dengan BKKBN pusat dengan TNI melalui kegiatan Baksos TNI KKBPK Kesehatan dalam rangka mensosialisasikan secara luas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Sri Marantika juga mengapresiasi program KB Kesehatan ini. Karena, program ini bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, agar seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi.

"Pencanangan dan pelayanan KB Kesehatan dalam rangka Baksos TNI-KKBPK-Kesehatan di wilayah Kodim 0208 Asahan tahun 2019, secara resmi saya canangkan", ungkapnya.

Selanjutnya, Plt Bupati Asahan, Surya dalam sambutannya mengatakan momentum kegiatan TNI KB Kesehatan merupakan kerjasama antara Kodim 0208 Asahan dengan melibatkan seluruh lintas sektoral terkait dan unsur masyarakat lainnya yang bertujuan memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mensukseskan program KB Kesehatan.

Surya juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0208 Asahan karena telah turut serta dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Asahan, sebagaimana Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Asahan 'terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri'.

Pelaksanaan momentum TNI manunggal KB Kesehatan tahun 2019 merupakan kontribusi positif Kodim 0208 Asahan dan Pemerintah Daerah untuk memberikan pelayanan dasar secara holistik kepada masyarakat yaitu KB dan Kesehatan.

Surya juga mengucapkan terima kasih kepada manager PTPN III kebun Sei Dadap dan Direktur RS. Sri Pamela Sei Dadap, karena telah menyiapkan fasilitas untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

"Kami mengharapkan dukungan moril dan materil dalam meningkatkan dan mensukseskan sasaran strategis membangun program KB dan Kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Asahan yang kita cintai" ungkapnya.

Kemudian, perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega menyampaikan terima kasih kepada Plt Bupati Asahan atas dukungan dalam mensukseskan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Kabupaten Asahan.

Dijelaskannya, kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 23 hingga 24 Juli 2019 dan puncaknya pada tanggal 25 Juli 2019 di kota Binjai yang dihadiri Wakil Gubernur, Kasdam I/BB dan Kapolda Sumatera Utara dan ini merupakan MoU antara BKKBN dan TNI dengan nomor 246/KSM/G2/2014 dan nomor Kerma/32/IX/2014 tentang penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program KKBPK dalam rangka penguatan dan percepatan sasaran program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, percepatan pembangunan jangka menengah nasional tahun 2015-2019, serta menyongsong RPJMN tahun 2019-2024.

Temazaro berharap agar di TNI KB Kesehatan di Kabupaten Asahan dapat tercapai sesuai target, mengingat 5 tahun terkahir hanya mampu menurunkan 0,1 pada angka 2,9 berdasarkan SKDI 2017 yang sebelumnya pada angka 3,0 pada SKDI 2012.

Disamping itu, Temazaro juga mengucapkan selamat kepada Dandim 0208 Asahan karena telah meraih juara I dalam lomba foto humanis antar Kodim se Sumatera Utara.

Mengakhiri sambutannya, Temazaro berpesan agar kegiatan ini tidak hanya sebagai seremonial, namun dapat dilaksanakan untuk mencapai target, serta mencari solusi dan inovasi untuk kendala dan hambatan dalam keberlangsungan program.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Asahan didampingi oleh Dandim 0208 Asahan dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara menyerahkan bantuan kepada faskes RSU Sri Pamela Sei Dadap, faskes Mutiara Kecamatan Kisaran Timur dan faskes Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman.

Kegiatan tersebut, turut dhadiri perwakilan Kapolres Asahan, perwakilan Kajari Asahan, Manager PTPN III Sei Dadap, OPD, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai, Camat, Plt Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Persit 0208 Asahan serta masyarakat Kecamatan Sei Dadap. (Tums)

Berita Lainnya

Index