Antisipasi Musim Hujan, Dinas PUSDA Bersihkan Saluran Air

Antisipasi Musim Hujan, Dinas PUSDA Bersihkan Saluran Air

Metroterkini.com - Guna mengantisipasi datangnya musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang belum lama ini, lakukan langkah ektifitas dengan pembersihan saluran pengairan irigasi hingga ke lahan-lahan persawahan.

Kegiatan kerja bakti oleh DPUSDA tersebut, bertempat di Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Melalui UPT SDA Ngantang bersama HIPPA Desa Tulungrejo, pembersihan dilakukan di sepanjang saluran Candi Desa Tulungrejo.

Kepala UPT SDA Ngantang Suandono, Jumat (26/7/19) mengatakan, kegiatan tersebut  bertujuan untuk mengurangi sedimen dan rumput maupun sampah di sepanjang saluran, agar saluran menjadi bersih dan aliran air lancar.

"Selain itu, pembersihan kemarin juga bertujuan untuk memberikan suplai air secara maksimal. Sehingga bisa menjamin kebutuhan tanaman padi para petani, untuk tumbuh normal, tanpa kekurangan air," jelasnya.

Lanjut Suandono, dengan dibersihkannya saluran irigasi tersebut, semoga air akan lebih lancar dalam mengairi areal persawahan para petani. "Sehingga, para petani tidak mengalami kesulitan dan keterlambatan dalam mendapatkan air karena aliran air yang kecil".

Ia berharap, dengan adanya kegiatan rutin UPTSDA Kabupaten Malang khususnya di Kecamatan Ngantang, semoga pertumbuhan tanaman petani akan lebih optimal dan bisa menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan.[ al ]

Berita Lainnya

Index