Pemkab Asahan Sosialisasikan Pakem ke Tingkat Desa

Selasa, 23 Juli 2019 - 19:39:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Plt Bupati Asahan secara resmi membuka sosialisasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) untuk Kepala Lingkungan/Kepala Dusun se Kabupaten Asahan di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan, Selasa (23/7/2019).

Ketua tim Pakem Kabupaten Asahan sekaligus Kepala Kejaksaan Kabupaten Asahan, Rahmad Purwanto mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini memiliki satu tujuan dan satu makna, yaitu memperoleh informasi yang benar tentang adanya aliran kepercayaan dan Agama yang berkembang di masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Asahan.

Selain itu, Rahmad juga menjelaskan peran Kejaksaan adalah membina dan mengawasi aliran kepercayaan serta Agama yang berkembang di masyarakat Kabupaten Asahan.

"Maka dari itu, diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Asahan, jika ada menemukan fenomena aliran yang menyimpang langsung melaporkannya kepada pihak yang berwajib. Jangan melakukan hal-hal yang dapat melanggar hukum", ungkapnya.

Rahmad juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan, agar berhati-hati, ketika mendapatkan informasi dari media internet sebelum menyebarkan informasi dan terlebih dahulu dicek kebenarannya melalui tim Pakem Kabupaten Asahan.

Selanjutnya, Plt Bupati Asahan, Surya dalam sambutannya menyampaikan tujuan sosialisasi ini untuk mendapatkan informasi, menyamakan persepsi, menciptakan kehidupan yang aman, tentram, damai dan sejahtera.

Kabupaten Asahan merupakan titik pertemuan dari berbagai unsur etnis, adat budaya, paham dan aliran kepercayaan dan Agama. Dengan kondisi kemajemukan ini, sesungguhnya sangat rentan terhadap munculnya konflik sosial masyarakat.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya preventif untul menghindari perpecahan, radikalisme atau aliran yang tidak sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Surya juga berharap dengan lahirnya Badan Koordinasi Penganut Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem), diharapkan dapat melakukan pendataan dan validasi terhadap aliran-aliran atau perkumpulan yang ada ditengah masyarakat demi menjaga keharmonisan dilingkungan masyarakat Asahan.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, OPD dan Kepala Lingkungan/Kepala Dusun se Kabupaten Asahan. [Tums]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT