Puluhan Hektar Lahan di Pulau Rupat Terbakar

Ahad, 21 Juli 2019 - 19:27:32 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kebakaran lahan (Karla) gambut milik masyarakat di Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis Riau terus meluas. Hingga hari kelima, Sabtu (20/7/19) kemarin kebakaran diperkirakan telah mencapai 15 hektar, yang sebelumnya hanya 10 hektar. 

Petugas gabungan dan masyarakat dibantu water boombing satu unit helikopter telah dikerahkan untuk memadamkan api. Selain itu alat berat excavator juga dikerahkan untuk membuat sekat dan menggali sumber air. Hanya saja upaya pemadaman jalur darat mengalami kendala disebabkan lokasi kebakaran masih ada yang sulit ditempuh dan terbatasnya sumber air. 

"Tim pemadam masih dalam upaya pendinginan di beberapa titik yang mengeluarkan asap serta dibantu melalui udara water boombing milik BNPB, alat berat juga dikerahkan untuk membantu membuat parit sekat pembatas," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudarris, Sabtu (21/7/19) malam. 

Kebakaran lahan gambut itu merembet di perkebunan karet milik warga. "Air di lapangan menjadi kendala kita, karena sulit diperoleh," tambah  Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sarana Prasarana dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Donni Sartika. [***]
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT